Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Jum'at, 26 November 2021 - 20:30 WIB
loading...
A A A
Satuan ini berdiri atas usulan dari Gubernur Kalimantan Pangeran Insinyur Muhammad Nur yang mengajukan permintaan kepada Aweri mengirimkan pasukan payung ke Kalimantan untuk berbagai tugas pada 1947. Pada 17 Oktober 1947, 13 orang dipersiapkan untuk terjun di Kota Waringin mereka semuanya belum pernah mendapat pendidikan secara sempurna tentang terjun payung ini, kecuali teori dan latihan darat saja.

Tanggal penerjunan ini kemudian dijadikan sebagai Hari Jadi Paskhas TNI AU. Keputusan ini dibuat berdasarkan keputusan Menpan Nomor 54 Tahun 1967 tanggal 12 Oktober 1967 operasi Kota Waringin ini menjadi catatan sejarah sebagai operasi pertama pasukan payung di Indonesia.

5. Tontaipur
Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Prajurit Tontaipur. FOTO/Dok.kostrad.mil.id


Peleton Intai Tempur (Tontaipur) merupakan pasukan berkualitas intelijen tempur Kostrad. Pembinaan satuan berada di Yon Satria Sandi Yudha dalam pengoperasian di bawah kendali Panglima Kostrad yang berkemampuan Tri Matra.

Tujuan pembentukan Peleton Taipur ini untuk melatih dan membentuk personel Kostrad menjadi prajurit Taipur yang memiliki kemampuan khusus dalam melaksanakan tugas operasi di berbagai bentuk medan baik di laut, hutan, gunung, dan perkotaan.

6. Yontaifib
Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Sejumlah prajurit Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) Korps Marinir TNI AL menembak sasaran saat latihan di Lapangan Tembak, Ksatrian Marinir Hartono Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta, Kamis (12/8/2021). FOTO/ANTARA/M Risyal Hidayat


Batalyon Intai Amfibi (Yon Taifib) merupakan satuan elite Korps Marinir yang memiliki spesialisasi dalam operasi Pengintaian Amfibi dan Pengintaian Khusus. Kesatuan ini sebanding dengan halnya Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus dalam jajaran TNI Angkatan Darat. Dahulunya satuan ini dikenal dengan nama KIPAM (Komando Intai Para Amfibi).

Untuk menjadi anggota YonTaifib, calon diseleksi dari prajurit Marinir yang memenuhi persyaratan mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Salah satu program latihan bagi siswa pendidikan intai amfibi, berenang dalam kondisi tangan dan kaki terikat sejauh 3 km.

Dari satuan ini kemudian direkrut lagi prajurit terbaik untuk masuk ke dalam Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), pasukan elite TNI Angkatan Laut.

MG-Soraya Balqis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)