Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Jum'at, 26 November 2021 - 20:30 WIB
loading...
Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia
Sejumlah prajurit Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) Korps Marinir TNI AL menembak sasaran saat latihan di Lapangan Tembak, Ksatrian Marinir Hartono Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta, Kamis (12/8/2021). FOTO/ANTARA/M Risyal Hidayat
A A A
JAKARTA - Pasukan elite TNI masyhur di dunia kemiliteran. Kemampuan yang dimiliki oleh setiap personel membuat pasukan ini dihormati sekaligus ditakuti. Harus berpikir seribu kali untuk menghadapi mereka.

Setidaknya ada enam pasukan elite TNI . Masing-masing memiliki spesifikasi kemampuan dan tugas yang berbeda. Pasukan khusus pada masing-masing matra, TNI AD, TNI AL, TNI AU, sengaja dibentuk untuk menghadapi kondisi dan keadaan tertentu.

Berikut ini ulasan pasukan elite TNI yang dikutip dari dokumentasi Youtube Pertahanan Militer:

Baca juga: Tembak Mati OPM di Intan Jaya, Pasukan TNI Polri Sita Amunisi dan Bendera Bintang Kejora

1. Kopassus
Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Prajurit Kopassus. FOTO/DOK.kopassus.mil.id


Kopassus merupakan satuan komando tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat. Prajurit Kopassus memiliki kemampuan khusus gerak cepat dalam menembak, pengintaian, dan antiteror. Prajurit Kopassus mudah dikenali dengan baret merah yang disandang, sehingga populer disebut Pasukan Baret Merah. Motto pasukan khusus ini 'Berani, Benar, dan Berhasil'.

Cikal bakal Kopassus adalah Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi (Kesko TT). Pasukan ini dibentuk oleh Kolonel AE Kawilarang untuk menumpas gerakan Republik Maluku Selatan (RMS) pada 16 April 1952. Seiring tahun, Kesko TT berubah-ubah nama menjadi Korps Komando Angkatan Darat (KKAD), Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD), Pusat Pasukan Khusus Angkatan Darat (Puspassus AD), Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha), dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Sejak 25 Juni 1996 Kopassus memiliki 5 grup yaitu:
- Grup 1 Para Komando berlokasi di Serang, Banten.
- Grup 2 Para Komando berlokasi di Kartasura, Jawa Tengah.
- Grup 3 Pusat Pendidikan Pasukan Khusus berlokasi di Batujajar, Jawa Barat.
- Grup 4 Sandhiyudha berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur.
- Grup 5 Anti Teror berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur.

Baca juga: Pasukan TNI-Polri Sergap 6 Terduga Pelaku Penyerangan Posramil Kisor Maybrat Tanpa Perlawanan

Berbagai operasi berhasil dilakukan oleh Kopassus, seperti penumpasan DI/TII, operasi militer PRRI Permesta, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Penumpasan G30SPKI, operasi di Irian Barat serta operasi Seroja di Timor-Timor.

Selain itu, juga berhasil melakukan operasi pembebasan sandera di Bandara Don Muang Thailand, operasi GPK di Aceh, operasi pembebasan sandera di Mapenduma, operasi pembebasan sandera perompak Somalia serta berbagai operasi militer lainnya.

2. Kopaska
Sangat Mematikan, Ini 6 Pasukan Elite TNI yang Disegani Dunia

Prajurit Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada I melakukan penyerbuan saat Latihan Peperangan Laut Khusus 2020 di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (30/6/2020). FOTO/ANTARA/M Risyal Hidayat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)