Sejarah Pembentukan Menwa sebagai Perwujudan Sishankamrata

Rabu, 27 Oktober 2021 - 14:49 WIB
loading...
A A A
Sejak Trikora bergema, maka kewaspadaan nasional makin diperkuat. Kemudian muncullah rencana pendidikan perwira cadangan di Perguruan Tinggi. Berdasarkan dua surat keputusan Pangdam VI Siliwangi, maka pihak Univesitas pada 20 Januari 1962 membentuk badan koordinasi yang diberi nama Badan Persiapan Pembentukan Resimen Serba Guna Mahasiswa Dam VI Siliwangi (disingkat BPP) Resimen Mahasiswa DAM VI Siliwangi. Sebagai koordiantor adalah drg R G Surya Sumanti (Rektor UNPAD), Isrin Nurdin (Pembantu Rektor ITB) selaku wakil Koordinator I, Kusdaminto (PR Unpar) selaku wakil Koordinator II, dan Moch Sunaman dari PUS PSYAD pada waktu itu selaku sekretaris.

Pada Februari 1962 diadakan Refreshinng Course selama 10 minggu di Resimen Induk Infantri dan dilanjutkan dengan latihan selama 14 hari yang dikenal dengan sebutan Latihan Pasopati. Pada 20 Mei 1962 anggota Resimen Mahasiswa angkatan 1959 dilantik oleh Pangdam VI/SLW menjadi bagian organik dari kodam VI/SLW.

Dalam rencana kerja empat tahunnya tercantum pembentukan kader inti. Mahasiswa dan mahasiswi Jabar, khususnya yang berada di Bandung, mengikuti latihan di Bihbul, tempat penggodokan prajurit-prajurit TNI (sekarang Secaba Dam III/Slw, Bihbul). Satuan-satuan inti dari Yon mahasiswa dari beberapa uiversitas dan akademi dikirim ke tempat ini di bawah asuhan pelatih–pelatih dari RINSIL.

Baca juga: Prabowo Ingin Dokumen Sishankamrata Abad ke-21 Bisa Jadi UU

Pada 12 Juni 1964 terbit SK Menteri Koordinator Komponen Pertahanan dan Keamanan Jenderal TNI AH Nasution yang mengesahkan Duaja Resimen Mahawarman. Garuda Mahawarman resmi berdiri berdampingan dengan Harimau Siliwagi.

Pada 19 Januari 1978 dikeluarkan lagi SKB 3 menteri tentang juklak pembinaan organisasi Resimen Mahasiswa. Bersama Keputusan bersama tiga Menteri Menha, Mendiknas, dan Mendagri dan Otda No: KB/14M/X/2000, No:6/U/KB/2000, dan No:39 A tahun 2000 tanggal 11 Oktober 2000 tentang Pembinaan dan Pemberdayaan Resimen Mahasiswa.

Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah Widya Castrena Dharmasiddha. Berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan.

Sejarah Pembentukan Menwa sebagai Perwujudan Sishankamrata


Lambang Resimen Mahasiswa terdiri dari:
1. Perisai Segilima melambangkan keteguhan sikap.
2. Padi dan Kapas melambangkan dasar bernegara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.
3. Bintang, Sayap Burung, Jangkar dan Lambang Polri melambangkan Resimen Mahasiswa berada di bawah naungan ketiga unsur angkatan dan Polri.
4. Pena dan Senjata melambangkan di dalam pengabdiannya, wira melakukan keselarasan antara ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan.
5. Buku Tulis melambangkan tugas pokok setiap wira adalah mengembangkan ilmu pengetahuan, di samping melaksanakan tugas-tugas kemenwaan.
6. Semboyan Widya Castrena Dharma Siddha yang berarti Penyempurnaan Kewajiban dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan.

Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia:
1. Kami adalah mahasiswa warga Negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
2. Kami adalah mahasiswa yang sadar akan tanggung jawab serta kehormatan akan pembelaan negara dan tidak mengenal menyerah.
3. Kami Putra Indonesia yang berjiwa ksatria dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta membela kejujuran, kebenaran, dan keadilan.
4. Kami adalah mahasiswa yang menjunjung tinggi nama dan kehormatan Garba Ilmiah dan sadar akan hari depan Bangsa dan Negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)