Aktualisasi Peran Perempuan, Menwa Latihan Kepemimpinan Putri Nasional 2021

Senin, 25 Oktober 2021 - 16:02 WIB
loading...
Aktualisasi Peran Perempuan, Menwa Latihan Kepemimpinan Putri Nasional 2021
Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Putri Nasional Tahun 2021. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk membekali ilmu dan wawasan kepemimpinan putri, Resimen Mahasiswa ( Menwa ) Jayakarta menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Putri Nasional Tahun 2021. Kegiatan dilangsungkan 21-24 Oktober 2021, di Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta.

Baca Juga: Menwa
Baca juga: Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf Pimpin Menwa Mahawarman Jabar 2020-2023

"Latihan Kepemimpinan Putri Nasional (LAPINTRINAS 2021) merupakan salah satu instrumen pelatihan Menwa Jayakarta yang diperuntukkan guna membentuk putri yang berjiwa pemimpin, inovatif, dan tangguh," kata Ita Junita Puspa Dewi, salah satu pemateri yang membahas leadership, Senin (25/10/2021).

Dalam pembukaan kegiatan pada 22 Oktober 2021 dihadiri langsung oleh Komandan Resimen Mahasiswa Jayakarta, Direktur Politeknik Ahli Usaha Perikanan dan dibuka secara resmi bersama dengan sambutan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Kata Anies, ketika menjadi pemimpin sudah pasti menjadi pejabat, namun ketika kita menjadi pejabat belum tentu menjadi pemimpin.

"Seseorang bisa dikatakan pemimpin jika ia memiliki pengikut sukarelawan, yang didapatkan dengan rumus (T = C + I^1 + I^2– SI). Hubungan kepercayaan (Trust) dapat dibangun dengan kompetensi (Competence), integritas (Integration), kedekatan (Intimasy) dan dikurangi dengan kepentingan akan diri sendiri (Self Interest)," ungkap Anies.

Dalam kegiatan ini diikuti peserta dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Lampung, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Papua Barat, Maluku, Yogyakarta, Jambi dan Sulawesi Tenggara

Dengan peserta didik yang berjumlah 189 Peserta, diikuti secara offline 117 peserta dan 72 peserta melalui meeting zoom online. Kegiatan dilakukan secara ketat dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Pada Minggu 24 Oktober 2021 melalui sambutan sekaligus penutupan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, selaku Dankonas Menwa Indonesia.

"Dengan telah dilaksanakannya giat LAPINTRINAS 2021 diharapkan ilmu yang didapat bermanfaat dan mengimplementasikannya dalam kehidupan. Serta ikut berperan aktif, terutama penguatan karakter serta kemampuan untuk memimpin diri sendiri, selalu memanfaatkan peluang dan kesempatan dengan sebaik-baiknya," jelas Ahmad Riza.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3337 seconds (0.1#10.140)