Seksualitas Sekarang Ini
loading...
A
A
A
Dangdut dan goyangan adalah dua sisi dalam keping koin. Dangdut tanpa goyangan mungkin mirip sayur tanpa garam: kurang lengkap, hingga rasanya hambar! Meniadakan goyangan di atas kemegahan panggung rasa-rasanya membuat pentas dangdut kurang afdal.
baca juga: Dustin Tiffani Telanjangi Diri Sendiri di Podcast Porno Eps. 15
Goyangan demi goyangan pun menjamur. Kita bisa menderet beberapa goyangan yang heboh dan sempat ngetren di Indonesia. Selain goyang ngebornya Inul Daratista, ada goyang itik milik Zaskia Gotik, goyang gergaji persembahan Dewi Persik. Ada pula goyang dribble milik Duo Serigala¾yang tak kalah panasnya. Goyangan membersamai dendang dangdut tetap ada, mengalami pasang-surut dari masa ke masa.
Dangdut bukan sekadar hiburan belaka. Dendang dangdut memperlihatkan imaji perubahan sosial yang sedang terjadi, dan bergerak menuju ke titik negosiasi, penawaran, juga kreativitas yang baru atas nilai bahkan konstruksi masyarakat. Andreuw N Weintraub, seperti yang dikutip Hendri, berseloroh “Dangdut is the Rakyat”. Musababnya, musik dangdut memiliki kedekatan intim yang menghubungkannya dengan nestapa dan derita “rakyat Indonesia” dan juga lapisan kelas bawah.
baca juga: Situs Video Porno Pornhub Ketiban Rejeki Saat Facebook Down
Dangdut itu mengambil ceruk inspirasi dan representasi lokal. Yang jelas, dangdut sangat merakyat. Lebih jauh, seperti yang dilontarkan Andreuw N Weintraub, dangdut adalah rakyat itu sendiri.
Mereguk Kebebasan
Kebebasan berekspresi, terutama pasca Orde Baru runtuh, rupanya tidak bertahan lama. Sebaran musik, semaian buku-buku kiri, dan pilihan busana menjadi medium pelampiasan kebebasan. Ayu Utami di majalah Basis nomor 03-04 tahun 2020 sempat mengenang eforia masa-masa awal reformasi, “Seks menjadi tema laku di dunia sastra. Isu LGBT naik daun. Indonesia punya Q Film Festival yang dikelola dengan bagus. Ini festival yang membawakan isu queer.”
baca juga: Eks Bintang Porno Bunuh Anaknya, Tinggalkan Jasad Korban di Toko
Pelbagai isu yang sebelumnya direpresi¾secara hegemonik dan sistematis¾semasa Orde Baru mulai menderas. Keadaan justru berubah, berbalik arah. Ayu Utami menduga kebebasan di masa Reformasi melahirkan anak muda yang bingung dan disorientasi, hingga mengharapkan dogma-dogma baru.
baca juga: Dustin Tiffani Telanjangi Diri Sendiri di Podcast Porno Eps. 15
Goyangan demi goyangan pun menjamur. Kita bisa menderet beberapa goyangan yang heboh dan sempat ngetren di Indonesia. Selain goyang ngebornya Inul Daratista, ada goyang itik milik Zaskia Gotik, goyang gergaji persembahan Dewi Persik. Ada pula goyang dribble milik Duo Serigala¾yang tak kalah panasnya. Goyangan membersamai dendang dangdut tetap ada, mengalami pasang-surut dari masa ke masa.
Dangdut bukan sekadar hiburan belaka. Dendang dangdut memperlihatkan imaji perubahan sosial yang sedang terjadi, dan bergerak menuju ke titik negosiasi, penawaran, juga kreativitas yang baru atas nilai bahkan konstruksi masyarakat. Andreuw N Weintraub, seperti yang dikutip Hendri, berseloroh “Dangdut is the Rakyat”. Musababnya, musik dangdut memiliki kedekatan intim yang menghubungkannya dengan nestapa dan derita “rakyat Indonesia” dan juga lapisan kelas bawah.
baca juga: Situs Video Porno Pornhub Ketiban Rejeki Saat Facebook Down
Dangdut itu mengambil ceruk inspirasi dan representasi lokal. Yang jelas, dangdut sangat merakyat. Lebih jauh, seperti yang dilontarkan Andreuw N Weintraub, dangdut adalah rakyat itu sendiri.
Mereguk Kebebasan
Kebebasan berekspresi, terutama pasca Orde Baru runtuh, rupanya tidak bertahan lama. Sebaran musik, semaian buku-buku kiri, dan pilihan busana menjadi medium pelampiasan kebebasan. Ayu Utami di majalah Basis nomor 03-04 tahun 2020 sempat mengenang eforia masa-masa awal reformasi, “Seks menjadi tema laku di dunia sastra. Isu LGBT naik daun. Indonesia punya Q Film Festival yang dikelola dengan bagus. Ini festival yang membawakan isu queer.”
baca juga: Eks Bintang Porno Bunuh Anaknya, Tinggalkan Jasad Korban di Toko
Pelbagai isu yang sebelumnya direpresi¾secara hegemonik dan sistematis¾semasa Orde Baru mulai menderas. Keadaan justru berubah, berbalik arah. Ayu Utami menduga kebebasan di masa Reformasi melahirkan anak muda yang bingung dan disorientasi, hingga mengharapkan dogma-dogma baru.