Tanpa Vaksin Mandiri, Pemulihan Ekonomi Nasional Sulit Terwujud

loading...
Tanpa Vaksin Mandiri, Pemulihan Ekonomi Nasional Sulit Terwujud
Indonesia harus mampu memproduksi vaksin secara mandiri agar tidak bergantung pada impor sehingga ekonomi dapat segera pulih. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Kemandirian vaksin Covid-19 sangat penting untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional . Nyaris mustahil ekonomi bisa pulih akibat pandemi tanpa kemampuan untuk membuat vaksin sendiri.

"Ini sangat urgent, ada sinyalemen geopolitik di kancah internasional bahwa vaksin ini menjadi alat untuk mempengaruhi. Ada negara berkembang ingin membuat vaksin sendiri. Karena memang ini tidak mudah, ada alih teknologi, hak paten. Sense of Crisis ini harus dilakukan," ujar pengamat politik dan kebijakan publik Universitas Nasional Yudha Akbar Pally, dikonfirmasi Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Gelar Vaksinasi di Yogyakarta, TNI AU Targetkan 26.000 Dosis Vaksin Tahap II

Menurut dia, transisi dari pandemi ke endemi salah satu syaratnya vaksinasi. Saat ini vaksinasi merah putih sedang diupayakan. Dengan vaksinasi mandiri dia yakin Indonesia tidak akan terlalu bergantung dengan vaksin impor.



"Diperlukan kemandirian agar kita tidak terombang-ambing, perlu pengawalan politik yang cekatan dari pemerintah. Sejak tahun lalu ekonomi masyarakat runtuh terdampak pandemi Covid-19. Bagaimana membantu mereka. Harus ada intervensi pemerintah melalui APBN yang berpihak kepada masyarakat. Selama vaksin mandiri belum ada, kita hanya bakal bergantung pada vaksin impor," jelas Yudha.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top