Nasib Level PPKM Setiap Daerah Diumumkan Hari Ini

Senin, 23 Agustus 2021 - 08:03 WIB
loading...
Nasib Level PPKM Setiap Daerah Diumumkan Hari Ini
Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk Pulau Jawa dan Bali serta Luar Jawa-Bali akan berakhir hari ini. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM ) untuk Pulau Jawa dan Bali serta Luar Jawa-Bali akan berakhir hari ini.

Sebelumnya, PPKM di Jawa-Bali diperpanjang mulai 17 hingga 23 Agustus 2021. Sejumlah pelonggaran dilakukan pemerintah bagi daerah berlevel 4. Misalnya saja cakupan daerah uji coba pembukaan pusat perbelanjaan hingga kapasitas kunjungannya menjadi 50%. Selain itu, pada pekan lalu kapasitas untuk tempat ibadah pun dinaikan menjadi 50%.

Adapun PPKM luar Jawa Bali sebelumnya diperpanjang selama dua minggu mulai dari 9 hingga 23 Agustus.

Baca juga: PPKM di Kota Makassar Harus Turun Level, Pelaksanaan PTM Mendesak

Jika merujuk pada pernyataan Menko Maritim dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan, maka PPKM dipastikan akan tetap dilanjutkan. Perbedaannya ada pada level PPKM setiap daerah.

Pada pekan lalu Luhut mengaku sering mendapatkan pertanyaan terkait kapan PPKM akan berakhir. Dia pun menegaskan bahwa PPKM ini akan tetap diberlakukan jika Covid-19 masih ada di Indonesia.

"Saya banyak memperoleh pertanyaan apakah PPKM akan dilanjutkan atau dihentikan. Saya ingin menjelaskan bahwa selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat," katanya, Senin (16/8/2021).

Baca juga: PPKM Berakhir, PHRI Berharap Penderitaan Mereka juga Usai

Dia mengatakan, situasi Covid-19 di suatu daerah akan menentukan level PPKM, di mana level 1 dan 2 merupakan situasi yang mendekati normal. "Jika situasi Covid-19 makin membaik tentunya level PPKM akan diturunkan ke level lebih rendah. Di mana level 2 dan 1 nantinya akan mendekati situasi kehidupan normal," katanya.

Luhut mengatakan evaluasi akan dilakukan setiap minggunya untuk merespons perubahan situasi terkini secara cepat. "Oleh karena itu evaluasi akan dilakukan setiap minggu sehingga perubahan situasi dapat kita respons secara cepat," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)