Vonis Ringan Bukan Ukuran Buruknya Kinerja KPK

Jum'at, 29 Mei 2020 - 18:41 WIB
loading...
A A A
Bagaimana juga persoalan korupsi bukan perkara simplistik yang dapat dipersonifikasi. Tidak! Persoalan korupsi adalah persoalan struktural yang karenanya agenda anti korupsi harus dipahami secara menyeluruh dan substantif, tidak parsial.

Yang mesti dipahami dalam hal ini adalah kita tidak boleh membalas kejahatan dengan kejahatan, kebencian dengan kebencian, fitnah dengan fitnah. Bagaimana juga ini hanya akan menghabiskan waktu, tenaga, pikiran, cenderung kurang produktif serta berpotensi mengganggu kesehatan.

Masih banyak pekerjaan anti korupsi yang menanti. Tantangan untuk itu juga semakin berat. Karenanya KPK sebagai sala satu warisan reformasi yang relatif lebih baik harus bersama-sama kita dorong ke arah yang jauh lebih progresif yang tidak hanya terjebak dalam kerja-kerja penindakan semata, melainkan bersinergi dengan aspek pencegahan.

Soliditas adalah kunci bagi agenda antikorupsi. Begitulah semestinya kita menjalani hidup dan menata jiwa mengarungi kehidupan. Bukan dengan cara mempertebal syak wasangka dan menebar fitnah yang tentunya miliki dampak buruk bagi kerja-kerja anti korupsi. Mengedepankan akal sehat agar tetap senantiasa berpikir positif akan memudahkan kita dalam menggapai kemenangan di medan perjuangan.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)