Sejumlah Negara Mulai Berdamai dengan Corona

Jum'at, 16 Juli 2021 - 08:35 WIB
loading...
A A A
Penguatan sistem kesehatan nasional itu, tutur Ninik, melalui empat tindakan. Pertama, memastikan kecukupan tempat tidur sakit, tempat tidur isolasi dan tempat tidur intensif (ICU), ventilator, oksigen, metode terapi oksigen aliran tinggi (HFNC), obat, dan alat kesehatan yang dibutuhkan, termasuk penyediaan rumah sakit lapangan/darurat.

Kedua, meningkatkan perlindungan terhadap seluruh tenaga kesehatan dan non-kesehatan yang memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19 termasuk melalui tes PCR berkala, nutrisi, APD, jam kerja, insentif tepat waktu, dan lain-lain.

Ketiga, mempersiapkan sarana dan prasarana kesehatan di luar Pulau Jawa dan Bali menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19. "Mengoptimalkan tatalaksana penangan pasien Covid-19 untuk meningkatkan angka kesembuhan," ujarnya.

Koordinator Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, penanganan dan pengendalian Covid-19 di Tanah Air butuh kekompakan dan kerja sama berbagai pihak. Dia menjelaskan, selama pelaksanaan PPKM Darurat ada peningkatan kasus Covid-19 sekitar 44,51% dan kasus harian per Kamis (15/7) terdapat 56.757 kasus.

Di masa PPKM Darurat, kasus didominasi oleh varian delta yang hampir semuanya terjadi di Jawa. Berdasarkan data yang ada, varian delta ini lebih sekitar 6x lebih cepat pada PPKM Darurat. Tapi yang harus diingat, kata Luhut, bukan hanya Indonesia yang mengalami peningkatan varian delta tapi juga negara lain.

"Peningkatan kasus varian delta per 13 juli, jadi jangan kita lihat Indonesia saja. Kita bisa lihat contoh ini dari Inggris juga kena, Belanda kena, Perdana Menteri Belanda minta maaf karena dia menyetujui lepas masker beberapa waktu lalu dan sekarang naik seperti ini, eksponensial. Dan, Malaysia juga sampai saat ini. Amerika sendiri juga kenaikan luar biasa," ujar Luhut saat konferensi pers secara virtual melalui channel YouTube Kemenko Marves, Kamis (15/7).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) itu mengatakan, pemerintah secara serius dan maksimal melakukan berbagai upaya guna mengendalikan dan mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat termasuk di masa penerapan PPKM Darurat. Luhut menuturkan, semua pihak harus memahami bahwa varian Delta merupakan varian Covid-19 yang tidak mudah dikendalikan.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3024 seconds (0.1#10.140)