Agama Solusi Permasalahan di Dunia

Jum'at, 02 Juli 2021 - 20:59 WIB
loading...
A A A
"Banyak sekali perbuatan-perbuatan Yesus yang menjadi contoh penganutnya, Dia menghormati dan menghargai penganut-penganut agama lain. Hendaklah para umat kristiani memahami agama Kristen sebagaimana ajaran Yesus mengusahakan kerukunan umat beragama. Ini merupakan tugas yang harus dilaksanakan penganut Kristen," katanya.

Islam Agama Pembebas
Adapun Ustaz Dasad Latif menegaskan bahwa Islam adalah agama pembebas bukan agama penakluk. Bahkan Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan kepada pengikutnya bahwa siapa yang mengganggu orang yang berbeda agama yang bekerja sama dengan Islam, maka sama halnya dengan mengganggu dirinya.

"Inilah toleransi, yaitu memberikan kebebasan bagi pemeluk agama lain, tanpa intervensi tanpa gangguan. Menjaga kerukunan pada saat ini, merupakan kewajiban kita semua," katanya.

Pemeluk agama Islam wajib menjaga hak-hak pemeluk agama lain dengan tidak mencela kepercayaan dan keyakinan mereka, sehingga tidak ada yang namanya gesekan antaragama.

Sementara itu, Prof Menachem Ali yang menjadi pembicara penutup, mengatakan agama yang ada pada saat ini dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu agama Abrahamic dan Brahmanic. Abrahamic sendiri adalah agama-agama yang dikenal sebagai Yahudi, Nasrani dan Islam. Adapun Brahmani adalah Budha, Hindu, Zoroaster dan lainnya.

"Meskipun terdapat banyak agama, namun semua agama sejatinya punya benang merah yang menunjukkan keterhubungan satu sama lain. Yaitu kesamaan patron yang dalam Islam disebut Ibrahim, Yahudi disebut Abraam, Nasrani disebut Abraham, dan dalam Budha dan lain-lain. Selain persamaan patron, persamaan ajaran juga kerap dijumpai pada tiap-tiap agama," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)