Kampus Mengajar

Jum'at, 12 Maret 2021 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Tanggung Jawab Intelektual
Agenda Kampus Mengajar tentu strategis posisinya, karena pelaku adalah kaum intelektual yang dianggap mampu menyampaikan patokan moral pada masyarakat. Kaum intelektual dianggap memiliki pengetahuan yang mampu mengubah nasib peradaban manusia. Dia adalah komunitas terpilih yang manjur dalam berbicara tentang kebenaran sehingga maju mundurnya peradaban umat manusia dianggap (dan ditentukan) dari seberapa jauh peranan maupun gerakan kaum intelektual menyampaikan kebenaran dan menyelesaikan persoalan.

Rakyat memberikan legitimasi kaum intelektual yang dianggap mengetahui dan mampu menyampaikan kebijaksanaan (wisdom) menghadapi persoalan kehidupan. Rakyat ingin tanggung jawab kaum intelektual dilaksanakan secara benar dan tepat sasaran. Peran dan kepercayaan rakyat yang diberikan kepada kaum intelektual akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang produktif, berharga, dan bernilai secara moral.

Kampus Mengajar yang memberikan peran pada kaum intelektual perlu dikelola dan dimanfaatkan supaya lebih berkualitas, melahirkan manusia bermoral, cerdas, dan kompetitif. Tanggung jawab Kampus Mengajar melalui para intelektual sangat menentukan kualitas moral dan arah setiap generasi dalam mengambil keputusan serta tingkah laku. Karena tanggung jawab intelektual melalui Kampus Mengajar merupakan bagian integritas yang harus terus dibangun agar menjadi pijakan bagi generasi ke depan sebagai harapan dan penerus bangsa Indonesia.

Terakhir, penulis berharap melalui agenda Kampus Mengajar, peranan kaum intelektual berani menempatkan diri sebagai penerus bangsa yang kelak akan menentukan masa depan bangsa. Saat ini, bangsa Indonesia merindukan kaum intelektual yang mampu memandang masa depan dirinya sendiri dan bangsanya. Seluruh kaum intelektual yang terlibat dalam program Kampus Mengajar harus tegas menjunjung sikap dan pola pikir berlandaskan moral yang kokoh serta nilai kebenaran sebagai tanggung jawab mencerdaskan bangsa Indonesia.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)