Mengubah Frustrasi Jadi Kesempatan Saat Mengarungi Pandemi

Rabu, 27 Januari 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Yang lebih penting dari itu adalah bagaimana kita mengonversi atau mengubah energi frustrasi itu menjadi kesempatan atau peluang yang berguna untuk menyiasati hidup selama pandemi. Ketimbang membaca-baca berita-berita negatif dan membuat emosi negatif makin menumpuk, saya lebih suka membaca dan mencari-cari informasi bagaimana orang lain bersiasat dan mencari celah di tengah tekanan ekonomi pandemi.

Di media, apalagi di internet, dengan mudah kita dapat menemukan kisah-kisah inspiratif bagaimana orang berjuang untuk menyelamatkan dan menghidupi diri dan keluarganya yang terusik karena badai pandemi. Kisah-kisah ini tidak hanya terjadi pada level individu, tetapi juga pada korporasi-korporasi. Orang yang melihat situasi secara jeli dan beradaptasi secara cepat.

Dalam level organisasi—baik bisnis maupun nonbisnis—kejelian dan kecepatan bermanuver menjadi sangat penting. Oleh karena itu, dalam tulisan di media ini sebelumnya, saya menegaskan bahwa organisasi yang cenderung semakin vertikal akan cenderung semakin sulit beradaptasi karena kelincahan dan kecepatannya kalah oleh organisasi yang lebih lateral dan nonhierarkis.

Abnormalitas pandemi yang diakibatkan oleh Covid-19 beserta dampak turunannya belum ada referensinya di masa lalu. Si penyebab utamanya–virus yang terus bermutasi—juga belum ada panaseanya yang seratus persen sahih. Semua adalah upaya dengan tingkat kemungkinan gagal pasti ada. Bahkan, termasuk vaksin yang sekarang ini sudah mulai diaplikasikan untuk memerangi virus. Itu adalah upaya maksimal—dengan pengetahuan dan teknologi manusia pada hari ini—yang dapat dilakukan.

Oleh karena itu, yang terpenting dalam menemukan kesempatan atau peluang adalah terus “belajar bagaimana belajar”, learn how to learn, yakni belajar bagaimana kita harus mempelajari hal-hal baru, kejadian-kejadian baru, peristiwa, atau fenomena baru, yang muncul dari pandemi kali ini.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)