Jalan Mulus Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Jum'at, 22 Januari 2021 - 06:19 WIB
loading...
A A A
Menurut Ujang, tantangan internal ini harus diselesaikan secara halus dan elegan untuk mencegah adanya persaingan di dalam internal. Apalagi, mantan Kapolda Banten itu melewati banyak jenderal senior di internal Polri.

Sementara tantangan eksternal, kata Ujang, adalah berkaitan dengan sejumlah persoalan yang harus diselesaikan oleh Kapolri baru mulai dari keamanan, penegakan hukum, ekstrimisme dan terorisme, pelanggaran HAM, korupsi dan lainnya. “Tantangan-tantangan ini perlu diselesaikan dengan baik oleh Kapolri baru sehingga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri bisa kembali pulih,” pungkasnya.

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas menilai Komjen Sigit sebagai sosok pemersatu. Hal itu terbukti dari persetujuan bulat dari 9 fraksi di DPR saat uji kepatutan dan kelayakan.

“Persetujuan Komisi III menunjukkan Sigit dapat menyatukan fatsun-fatsun politik di DPR. Pandangan seluruh fraksi di DPR dengan bulat menyatakan dukungan kepada Sigit, tentu sangat positif dan layak diapresiasi," kata Umbas.

Menurut dia, Sigit mempunyai kapasitas, kapabilitas, loyalitas dan integritas. Artinya, ada harapan baru Polri akan semakin baik dan handal, totalitas sebagai pengayom rakyat menjadi kata kunci. “Ini sangat relevan dengan gaya kepemimpinan Presiden Jokowi yang melayani," ungkapnya.

Dia juga memuji konsep Presisi sebagaimana disampaikan Sigit dalam fit and proper test. Presisi merupakan abreviasi dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. "Makalah Sigit sangat menarik. Konsep yang sistematis, visioner dan terukur. Selamat datang Polri Presisi, Selamat bertugas Jenderal," tandasnya.

Selamat Komjen Sigit, Terima Kasih Jenderal Idham
DPR telah selesai mengesahkan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Setelah itu, DPR akan mengirimkan surat ke Presiden Jokowi untuk segera diproses dan dilakukan pelantikan terhadap Sigit sebagai Kapolri ke-25.

Banyak doa dan harapan untuk Sigit yang akan segera dilantik menjadi Kapolri. Ucapan terima kasih pun mengiringi Jenderal Pol Idham Azis yang juga diberhentikan dari jabatannya sebagai Kapolri, karena memasuki masa pensiun.

“Pimpinan dewan mengucakan selamat kepada calon Kapolri, semoga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah,” kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam Rapat Paripurna DPR.

Menurut Puan, Sigit mempunyai semangat transformasi membawa Polri menjadi lebih baik. Untuk mewujudkan Polri yang Presisi Sigit harus melakukan perubahan besar dari aspek SDM serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. “Kita sudah mendengarkan program kerja Sigit saat uji kelayakan dan kepatutan. Ada semangat tranformasi di tubuh Polri,” ungkap Puan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)