Pandemi Corona, Ibu Hamil Diharap Tingkatkan Makanan Kaya Kalsium

Jum'at, 15 Januari 2021 - 10:48 WIB
loading...
Pandemi Corona, Ibu Hamil Diharap Tingkatkan Makanan Kaya Kalsium
Di tengah pandemi Corona ini, tubuh ibu hamil membutuhkan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan janin dalam tahap perkembangan janin. Foto/Ilustrasi/iNews
A A A
JAKARTA - Vaksin Corona (Covid-19) menjadi harapan baru agar pandemi yang sudah setahun ini melanda Indonesia, bisa dihentikan. Hal tersebut ditegaskan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Daeng M Faqih.

(Baca juga: Ibu Hamil dan Menyusui Dilarang Suntik Vaksin Corona)

"Iya jadi vaksin ini sangat penting ya. Ini momen yang sangat baik dan harapan besar bagi kita semua rakyat Indonesia untuk segera menghentikan penularan Covid-19 ," tegas Daeng dalam video sosialisasi program Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Sabtu 9 Januari 2021.

"Vaksin ini bukan hanya untuk kita pribadi ya. Jadi semakin banyak yang divaksin, maka semakin banyak masyarakat, keluarga kita, saudara-saudara kita, anak-anak kita, orang tua kita yang terlindungi," tambah Daeng.

(Baca juga: Kasus Corona Masih Tinggi, Rumah Sakit Darurat Mendesak)

Di sisi lain, di tengah pandemi Corona ini, tubuh ibu hamil membutuhkan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan janin dalam tahap perkembangan janin. Salah satunya adalah mineral kalsium. Mineral ini cukup penting dalam mendukung pertumbuhan gigi dan tulang janin.

Content Writer, Pyfa Health, Siti Kamilla mengatakan, ibu hamil harus mengonsumsi kalsium dengan cukup agar perkembangan janin tidak terganggu. Kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa menyebabkan berbagai masalah tulang di kemudian hari. Pasalnya, tubuh yang kekurangan kalsium akan mengambil kalsium yang ada di tulang untuk mensuplai kebutuhan janin.

"Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalsium untuk ibu hamil tidak hanya bisa diperoleh dari suplemen, tapi juga dari bahan makanan segar. Tentunya, hal ini bisa jadi alternatif yang cerdas untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan," kata Siti Kamilla.

Tentunya banyak sejumlah makanan yang kaya akan kalsium dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Pertama yoghurt, kandungan kalsium dalam secangkir yoghurt tawar atau plain berada di kisaran angka 338 mg. Angka ini setara dengan kebutuhan harian ibu hamil.

"Jadi selain enak, mengonsumsi yoghurt secara rutin selama kehamilan juga sangat dianjurkan. Pasalnya, bisa membantu mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil sehari-hari. Disarankan untuk memilih yoghurt plain atau tanpa rasa karena lebih sehat. Agar rasanya lebih enak, kamu bisa mencampurkannya dengan buah segar yang sudah dipotong," ucap Siti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)