Pemerintah Akan Utamakan Alkes Produk Dalam Negeri

Rabu, 08 September 2021 - 01:48 WIB
loading...
Pemerintah Akan Utamakan Alkes Produk Dalam Negeri
Pemerintah mendukung produsen alat kesehatan dalam negeri. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendukung produsen alat kesehatan (Alkes) dalam negeri, yakni PT Taishan Alkes Indonesia. Sebab, Alkes dalam negeri itu ikut membantu dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19 selama ini.

Dukungan itu ditunjukkan dengan kunjungan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita ke tempat produsen Alkes itu di Jakarta, Selasa, (7/9/2021). Selain meninjau, dia juga meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand.

“Kedatangan saya di PT Taishan Alkes Indonesia ini ada makna penting yakni, memberikan dukungan dan juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita sudah bisa memproduksi alat Swab Antigen hasil kerja keras anak bangsa,” ujar Agus Gumiwang.



Dia menilai ekspor yang dilakukan PT Taishan Alkes Indonesia itu adalah prestasi luar biasa bagi karya anak-anak bangsa. “Saya bangga PT Taishan Alkes Indonesia bisa ekspansi artinya produknya bagus dan diterima manca negara," katanya.

Dia pun merasa bangga kepada PT Taishan Alkes Indonesia yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia serta konsen membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 di dalam negeri. “Saya bangga ada produsen Alkes dalam negeri bisa mempekerjakan hingga ribuan pekerja. Ini bisa menjadi contoh bagi para produsen dalam negeri lainnya,” katanya.

Dia pun mengapresiasi PT Taishan Alkes Indonesia yang sudah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen dalam komponen-komponen produksinya. Dia melihat produk alat swab test antigen PT Taishan Alkes Indonesia sudah melampaui 40 persen TKDN, yakni 48 persen. “Maka kementerian dan lembaga wajib membelinya,” ujarnya.



Maka itu, dia mengungkapkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung penuh produsen Alkes dalam negeri. "Karena pemerintah akan selalu utamakan penggunaan produk dalam negeri. Jadi kalau sudah ada produk dalam negeri yang TKDN lebih dari 40 persen, pemerintah bisa mentake-down produk luar negeri dari e-catalog. Tapi dengan syarat produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,” imbuhnya.

Agus dalam kunjungannya ke PT Taishan Alkes Indonesia didampingi, Dirjen Ilmate Kemenperin, Taufik Bawazier, Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan dan Milton Pakpahan, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing serta Direktur Utama PT Indofarma Global Medika, Emi Nuel salah satu mitra utama PT Taishan Alkes Indonesia.

Sementara itu, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing mengungkapkan bahwa pihaknya bakal melakukan ekspor perdana Indoswab Covid-19 Antigen Rapid Test Cassette ke negara Irlandia dan akan dilanjutkan dengan ekspor kedua ke negara Thailand. Dia menambahkan, produk ekspor dengan label Indoswab itu untuk mengharumkan nama Indonesia di mancanegara.

"Bahkan kami sengaja sengaja mendesign box, memberikan nama, mendesign warna casing merah putih yang sangat identik dengan negara kita, Indonesia. Dengan diterimanya produk kami di negara Irlandia dan Thailand, masyarakat setempat bisa concern dan tahu atas adanya kehadiran karya anak-anak bangsa ini yang kaya akan kreativitas," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)