Black Box Sriwijaya Air, Panglima TNI: FDR Ditemukan, Bagian VCR Masih Dicari

Selasa, 12 Januari 2021 - 18:11 WIB
loading...
Black Box Sriwijaya Air, Panglima TNI: FDR Ditemukan, Bagian VCR Masih Dicari
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, sejak pukul 14.00 WIB KSAL telah melaporkan di lokasi yang diduga jatuhnya black box. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan, sejak pukul 14.00 WIB KSAL telah melaporkan bahwa di lokasi yang diduga jatuhnya black box atau kotak hitam pesawat Sriwijaya Air , hanya ditemukan Underwater Locator Beacon (ULB).

(Baca juga: Pencarian Korban Sriwijaya Air, Penyelam Polri Dapatkan 21 Temuan )

Alat ini berfungsi memberikan sinyal darurat. "Saya sampaikan kepada KSAL agar terus dicari FDR (flight data recorder) yang kemungkinan besar masih di wilayah yang masih diperkiraan kita sebelumnya," kata Hadi, Selasa (12/1/2021).

(Baca juga: Kotak Hitam Sriwijaya Air Berhasil Ditemukan)

Namun kemudian pada pukul 16.40 tadi dilaporkan bahwa FDR telah ditemukan. Selain itu dilaporkan juga bahwa ULB yang ditemukan sebanyak dua. Seperti diketahui black box adalah penggabungan FDR dan VCR.

(Baca juga: Bersandar di JICT 2, KRI Tenggiri-865 Bawa 6 Kantong Korban Sriwijaya Air)

"Artinya satu lagi cockpit voice recorder (VCR ) masih perlu dicari dengan tanpa adanya bantuan yaitu beacon tersebut," ujarnya.

Dia yakin bahwa VCR lagi tidak akan jauh dari lokasi tersebut. "Namun kami meyakini semua bahwa karena beacon di cockpit voice ditemukan sekitar itu, maka dengan keyakinan yang tinggi maka cockpit voice juga akan segera ditemukan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)