KNKT: Ada Gangguan Sistem Mekanikal saat Kecelakaan Sriwijaya SJ-182

Kamis, 03 November 2022 - 17:07 WIB
loading...
KNKT: Ada Gangguan Sistem Mekanikal saat Kecelakaan Sriwijaya SJ-182
KNKT menyebut terjadi gangguan sistem mekanikal dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada 9 Januari 2022 lalu di Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut terjadi gangguan sistem mekanikal dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada 9 Januari 2022 lalu di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Kasubkom KNKT Moda Penerbangan Nurcahyo Utomo memaparkan, dari hasil flight data recorder dan cockpit voice recorder yang sudah diunduh, KNKT melihat pada saat climbing terjadi perubahan mode autopilot yang sebelumnya menggunakan flight manajemen computer berpindah menggunakan mode control panel.

“Perubahan ini nampaknya membutuhkan tenaga mesin yang lebih sedikit. Apabila membutuhkan tenaga lebih sedikit, normalnya autothrottle akan menggerakkan kedua thrust lever untuk mundur untuk mengurangi tenaga mesin,” kata Nurcahyo dalam RDP Komisi V DPR, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/11/2022).



Namun demikian, dalam penerbangan ini, ternyata autothrottle tidak dapat menggerakkan thrust lever kanan, thrust lever kiri tetap bergerak, sementara itu thrust lever kanan tidak bergerak. KNKT telah memeriksa beberapa komponen, di mana ada 7 komputer yang diperiksa, sebagian di Amerika dan sebagian di Inggris, dan komponen terkait autothrottle.



“Sehingga kami meyakini bahwa gangguan yang terjadi pada thrust lever yang kanan ini adalah gangguan sistem mekanikal dan bukan pada sistem komputernya,” terangnya.

Kemudian, tidak berkurangnya thrust lever sebelah kanan yang menyebabkan tidak berkurangnya tenaga mesin sebelah kanan, maka menjadikan thrust lever sebelah kiri, dan mengurangi tenaga mesin untuk mengompensasi kebutuhan tenaga mesin sesuai permintaan autopilot. “Artinya terjadi perbedaan antara kiri dan kanan, perbedaan ini disebut dengan asimetri,” sambung Nurcahyo.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2572 seconds (0.1#10.140)