Soal Varian Baru COVID-19, Ketua Satgas IDI Ingatkan Waspada tapi Jangan Panik

Sabtu, 26 Desember 2020 - 11:30 WIB
loading...
Soal Varian Baru COVID-19, Ketua Satgas IDI Ingatkan Waspada tapi Jangan Panik
Ketua Satgas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Prof Zubairi Djoerban angkat bicara ihwal munculnya varian baru COVID-19 yang lebih cepat menular di Inggris. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI ), Prof Zubairi Djoerban angkat bicara ihwal munculnya varian baru virus corona (COVID-19) yang lebih cepat menular di Inggris. Virus Corona varian baru itu dikabarkan telah masuk di negara tetangga Indonesia yakni, Singapura.

(Baca juga : Rusia Bikin Aplikasi Tiruan TikTok, Digawangi Anak Presiden Vladimir Putin )

Prof Zubairi menekankan bahwa Pemerintah Indonesia perlu mewaspadai virus Corona varian baru ini. Namun, ia meminta juga agar tidak terlalu panik. Menurutnya, kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia masih dibawah negara-negara dengan jumlah penduduk besar lainnya. (Baca juga: Menkes Minta Para Ahli Pelajari Varian Baru Covid-19 dari Inggris)

"Untuk Indonesia, kita memang perlu waspada tapi jangan panik. Karena kalau melihat dari urutan jumlah kasus, Indonesia kan negara dengan penduduk nomor 4 terbanyak dunia, mula-mula kan China, India, Amerika, Indonesia, namun ranking kasusnya kita jauh di bawah. Ada di nomor 20," ujar Prof Zubairi saat dikonfirmasi MNC Media, Sabtu (26/12/2020).

(Baca juga : Begini Tren Editing Foto di Instagram Sepanjang 2020 Menurut Oppo )

Prof Zubairi menjelaskan genetik COVID-19 tak jauh beda dengan influenza. Di mana, influenza akan selalu mengalami perubahan atau mutasi genetik. Oleh karenanya, kata dia, perlu ada penyuntikan vaksin dalam kurun waktu setahun sekali.

"Saya jadi ingat bahwa ini kan kelompok grup mirip-mirip influenza, nah influenza itu memang selalu berubah, mutasi genetik, sehingga memang akibatnya vaksin harus dikerjakan setahun sekali," beber Prof Zubairi.

(Baca juga : Juragan Mal Sedih, Terlanjur Bersolek Natal Tidak Taunya Sepi Pengunjung )

"Jadi kebetulan memang anak saya, cucu saya, ada di Amerika, oleh karenanya, setiap bulan September-November harus disuntik vaksin influenza lagi, tahun lalu juga, tahun depan juga. Artinya, bahwa perubahan virus ini relatif biasa sudah dipahami oleh banyak ahli," sambungnya.

Prof Zubairi meminta agar pemerintah dapat terus mengupayakan penambahan fasilitas kesehatan, mulai dari rumah sakit, kasur, alat pelindung diri, obat-obatan, hingga tenaga kesehatan. Selain itu, penting juga pendisiplinan masyarakat yang saat ini sudah mulai lengah terhadap penyebaran virus Corona. (Baca juga:Khawatir Varian Baru Covid-19, RI Batasi Masuknya WNA)

"Yag juga penting selain mengobati adalah mencegah. Harus selalu ditekankan, ya standarlah, jangan keluar rumah kalau tidak perlu, jangan berkerumun, rajin cuci tangan, memakai masker. Perlu juga pendisiplinan masyarakat," pungkasnya.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)