Perubahan Pola Kerja dan Produksi Pascapandemi

Rabu, 18 November 2020 - 05:49 WIB
loading...
A A A
Jika kita mendalami pola kerja dan pola produksi yang telah berubah selama masa pandemi ini, saya menduga bahwa pola kerja normal sebelum munculnya pandemi kemungkinan besar tidak akan lagi sama akibat faktor-faktor tadi. Pola kerja dan pola produksi pascapandemi akan semakin variatif. Orang bisa bekerja atau menjadi pegawai pada lebih dari satu institusi—tergantung dari kesepakatan yang dibuat antara pekerja dan pemberi kerja. Demikian pula, orang tidak akan lagi menyandarkan apakah pekerjaan itu datang dari domestik atau luar negeri.

Karena itu, pekerja akan dituntut untuk semakin efektif dan produktif, yang tidak hanya akan bermanfaat bagi organisasi atau korporasi, tetapi juga bagi diri mereka sendiri. Semakin produktif, orang berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Semakin efektif dan kreatif, orang akan mendapatkan peluang-peluang atau kesempatan untuk bekerja secara multitasking pada lebih dari satu institusi.

Kita tentu berharap bahwa pandemi akan segera berakhir. Dan, titik akhir itu sebenarnya juga makin terlihat jelas. Apabila kita melihat banyak negara mengalami resesi ekonomi, kondisi pada akhir tahun ini mulai terlihat tanda-tanda pembalikan. Negara-negara yang mengalami pertumbuhan negatif yang dalam mulai bergerak menuju titik nol, sedangkan negara-negara yang mengalami pertumbuhan negatif tak terlalu dalam mulai mengalami titik balik menuju ke arah positif.

Suasana ini tentu akan menambah optimisme kita menghadapi tahun baru yang akan segera tiba. Situasi akhir tahun yang biasanya diwarnai dengan pelbagai prediksi dan analisis, masih akan menempatkan kondisi global pada situasi yang sulit dan tertekan. Namun, kita tidak boleh kehilangan rasa optimis akan munculnya kesadaran dan keseimbangan baru, yang membuat tahun depan akan kita jalani secara lebih baik dibandingkan tahun ini.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4136 seconds (0.1#10.140)