Hindari Hoaks, Pastikan Informasi Terverifikasi

Sabtu, 14 November 2020 - 06:47 WIB
loading...
A A A
Dalam pengecekan tersebut, pihaknya melakukan berbagai cara demi memastikan kebenaran atas berita yang ditampilkan. Misalnya, memverifikasi terhadap narasumber yang disebutkan dalam berita tersebut. Selain itu, mencari berita di media lainnya hingga mencari respons dari para pembaca atau publik. (Lihat videonya: Berkunjung ke Aceh Jangan Lupa Nikmati Kopi Gayo)

Melihat penyebaran hoaks yang makin marak, Edu mendorong media massa harus bisa jernih dalam memberitakan informasi ke masyarakat. Sebab, hoaks bisa berdampak buruk terhadap pemahaman banyak orang, termasuk ketika di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Redaktur Pelaksana Okezone.com Amril Amarullah juga sepakat pentingnya jurnalis dan pihak media massa melakukan verifikasi atau cross check terhadap berita sebelum dibagikan kepada publik. Hal itu merupakan bagian dari prinsip media massa yang mengedepankan keberimbangan dari sudut pandang dua sisi (cover both sides).

Bila sudah terjadi, kata dia, maka media massa harus berani melakukan ralat atau mencabut berita yang ditampilkan dan memberikan penjelasan sesuai fakta yang ada. (Faorick Pakpahan)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)