Amien Rais Siap Bubarkan Partai Ummat Jika Masyumi Besar

Sabtu, 07 November 2020 - 13:56 WIB
loading...
Amien Rais Siap Bubarkan Partai Ummat Jika Masyumi Besar
Inisiator Partai Ummat, Amien Rais mengatakan siap membubarkan partai barunya jika Partai Masyumi besar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Masyumi kembali dideklarasikan tepat di hari ulang tahunnya yang ke-75 pada Sabtu (7/11/2020). Partai berlogo Bulan Bintang ini pernah menduduki posisi kedua dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 1955 atau pada era demokrasi liberal. Namun sayang, pada 1960-an partai ini dibubarkan.

Setelah bertahun-tahun lenyap, Masyumi kini bangkit kembali. Sejumlah tokoh dan ulama mendeklarasikan aktifnya partai tersebut dan telah mengumumkan nama calon Majelis Syuro. Dalam acara Tasyakuran Milad ke-75 Masyumi, Panitia Persiapan Pendirian Partai Islam Ideologis mengundang inisiator Partai Ummat, Amien Rais. (Baca juga: HUT ke-75, Partai Masyumi Resmi Kembali Dideklarasikan)

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu mengaku siap membubarkan Partai Ummat bila di kemudian hari Masyumi lebih besar. Namun sebaliknya, bila Partai Ummat lebih besar maka dia mengajak anggota Masyumi bergabung ke partai yang baru saja ia dirikan. "Kalau saya misalnya, Masyumi lebih besar, Partai Ummat saya bubarkan untuk Masyumi. Tapi, kalau Partai Ummat lebih besar, please join us," ujar Amien seperti dilihat dalam konferensi video. (Baca juga: Masyumi Reborn dan Partai Ummat Bakal Bersinergi)

Amien tak masalah jika saat ini banyak partai bermunculan. Tetapi dia mengingatkan bahwa pendirian partai harus dilandasi oleh optimisme untuk memecahkan masalah. Jika tak memiliki keyakinan sebaiknya tidak usah berpartai. "(Jadi) harus yakin," tegasnya. (Baca juga: Amien Rais Bakal Hadiri Rangkaian Acara Tasyakuran Milad Partai Masyumi)

Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu merestui deklarasi bangkitnya kembali Partai Masyumi. Amien meminta agar Masyumi segera bergerak taktis untuk merangkul anak cucu ideologis dan biologis Masyumi yang masih belum bergabung. "Kalau ini bergabung Insya Allah akan jadi kekuatan yang besar," pungkas Amien.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)