Menko PMK-Menkes Resmikan Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu di Gombong

Rabu, 04 November 2020 - 07:44 WIB
loading...
Menko PMK-Menkes Resmikan Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu di Gombong
Menko PMK, Muhadjir Effendy didampingi Menkes, Terawan Agus Putranto dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu Al Mumin di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (3/11/2020). Foto/SINDOnews/Binti Muf
A A A
GOMBONG - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK ), Muhadjir Effendy didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu Al Mu'min, Instalasi Radioterapi dan Kemoterapi Terpadu, serta Instalasi Hemodialisa Terpadu 70 Unit di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (3/11/2020).

Peresmian gedung isolasi ini merupakan salah satu upaya untuk mempercepat penanganan terhadap pasien COVID-19 di Kabupaten Kebumen, sekaligus juga sebagai komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan dalam penanganan COVID-19. (Baca juga: Satgas Sebar 8.060 Tracer untuk Temukan Pasien Covid-19)

Saat ini jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Kebumen tercatat 1.351 orang, dengan total kesembuhan 1.074 orang dan meninggal 40 orang. Total yang harus dirawat 132 orang, termasuk pasien terkonfirmasi positif, suspect dan probable.

RS PKU Muhammadiyah Gombong saat ini memiliki kapasitas 9 tempat tidur ruang ICU, 45 tempat tidur di lantai satu dan 45 tempat tidur di lantai dua, yang dilengkapi dengan tekanan negatif, hepafilter dan magnehelic. Menko PMK dan Menkes memberikan apresiasi kepada pengelola PKU Muhammadiyah atas tersedianya Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu.

“Apresiasi yang tinggi kepada pengelola PKU Muhammadiyah Gombong, atas peran serta menghadirkan unit layanan kesehatan rujukan yang berkualitas serta memiliki komitmen bahwa layanan ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat,” ujar Muhajir saat meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 Terpadu Al Mu'min RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam siaran pers yang diterima SINDO Media, Rabu (4/11/2020).

Menkes juga berharap RS PKU Muhammadiyah dapat terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan menerapkan pilar utama keselamatan pasien. “Semoga RS PKU Muhammadiyah bisa menjadi rujukan COVID-19 dengan kualitas pelayanan optimal serta apa yang telah dibangun ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya secara maksimal,” jelas Terawan.

Selain meresmikan gedung isolasi, Menko PMK dan Menkes turut memberikan bantuan kepada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen. Bantuan kepada RS berupa 1 Unit Ventilator (IPB), 1 Unit Ventilator ICU, APD Lengkap 500 pcs, Masker Medis 1.000 pcs, Masker N95 sebanyak 5.000 pcs dan Masker KF 94 sebanyak 10.000 pcs diberikan secara langsung oleh Menkes Terawan Agus Putranto kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong yang disaksikan oleh Menko PMK dan Gubernur Jawa Tengah. (Baca juga: Pentingnya Menggunakan Masker dengan Benar untuk Cegah Covid-19)

Bantuan lainnya diberikan untuk pemerintah daerah Kabupaten Kebumen yang diterima langsung oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz berupa 4 Unit Ventilator ICU, 9 Box APD (324 pcs), Masker N95 sebanyak 5.000 pcs dan Masker KF 94 sebanyak 10.000 pcs.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)