PGI Imbau Gereja Dijadikan Tempat Karantina Pasien Covid-19

Minggu, 12 April 2020 - 21:47 WIB
loading...
PGI Imbau Gereja Dijadikan Tempat Karantina Pasien Covid-19
Simulasi penanganan pasien Covid-19. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengimbau gereja-gereja agar bersedia dijadikan tempat isolasi dan karantina dalam penanganan Covid-19. Apalagi, gereja saat ini kosong karena kegiatan ibadah dilakukan secara daring.

"Untuk sikap dan tindakan solidaritas dalam upaya memutus rantai penyebaran virus corona, gereja bisa menyiapkan gedung gereja yang saat ini kosong dan tidak dipakai untuk tempat isolasi bagi mereka yang terpapar COVID-19," terang Sekretaris Umum PGI Jacky Manuputty dalam konferensi pers di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Ia mengatakan, sejak dulu gereja-gereja mempunyai pengalaman dalam menghadapi bencana wabah. PGI mengajak seluruh umat Nasrani melakukan tindakan solidaritas melalui upaya kreatif di tengah COVID-19 yang mewabah saat perayaan Paskah 2020.Tema Paskah tahun ini adalah 'Kebangkitan Kristus Membawa Harapan baru'.

"Tema ini dirumuskan dalam Kitab Injil yang berbunyi: Mengapa engkau mencari Dia yang hidup di antara orang yang mati. Dia tidak ada di sini. Dia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan kepada kamu ketika masih di Galilea," tutur Jacky

Dalam kesempatan itu, Jacky juga menyatakan seluruh tenaga medis yang tengah melayani pasien Covid-19 telah mengamalkan makna Paskah. "Tenaga medis yang berhalangan unik merayakan Paskah karena bertugas untuk tetap kuat dan teguh," ucapnya.

Tak lupa, PGI mengimbau masyarakat untuk tetap belajar dan bekerja di rumah. "Kita tidak mau pergi liburan yang terlibat di dalam kerumunan massa. Kali ini, ibadah di rumah dan produktif di rumah lakukanlah semuanya dengan disiplin. Lindungi diri sendiri dan jadilah pelindung bagi semua orang," pungkasnya.
(dzi)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)