Garda Terdepan Cegah Corona Bukan Dokter tapi Generasi Muda

Rabu, 06 Mei 2020 - 14:43 WIB
loading...
Garda Terdepan Cegah Corona Bukan Dokter tapi Generasi Muda
Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengungkapkan, yang menjadi garda terdepan pencegahan berkembangnya virus Corona adalah, generasi muda. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Budi Santoso mengungkapkan saat ini yang menjadi garda terdepan dalam melawan serta pencegahan berkembangnya virus Covid-19 atau Corona di Indonesia adalah, generasi muda.

"Sebenernya sekarang ini yang menjadi garda terdepan itu bukan dokter, sebenarnya adalah generasi muda," ungkap Budi di Media Center Percepatan Penanganan Covid-19, Graha BNPB Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Budi mengatakan, generasi muda ini sebenarnya yang paling punya peran yang sangat penting dalam memerangi Covid-19 yakni dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. "Di mana pemberian edukasi itu bisa dilakukan oleh paling yang memiliki tenaga paling banyak yaitu para kaum muda tentunya," katanya.

Generasi muda, kata Budi bisa mengedukasi masyarakat tentang Covid-19 dengan membuat video. "Meskipun mereka work from home mereka masih bisa berkarya, memberikan membuat video edukasi yang akan sangat membantu dalam masyarakat," ucapnya.

(Baca juga: Tim Pakar Gugus Tugas: Generasi Muda Berpotensi Besar Jadi OTG Corona)

Contohnya video untuk menjaga bagaimana untuk cuci tangan, kemudian memakai bagaimana menggunakan masker, dan untuk tidak berkumpul dan edukasi mengenai penyakitnya sendiri. "Itu akan sangat sangat bermanfaat bagi masyarakat," kata Budi.

Budi menegaskan, jika pada akhirnya masyarakat sudah teredukasi dengan baik, mengetahui atau mengenali musuhnya mereka, maka kasus terinfeksinya Covid-19 berkurang. "Dan kemudian itu akan mengurangi beban kerja dari teman-teman medis kita yang di lapangan," tegasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)