Deretan Peristiwa yang Mewarnai Lahirnya Partai Ummat

loading...
Deretan Peristiwa yang Mewarnai Lahirnya Partai Ummat
M Amien Rais. Foto/Tangkapan layar YouTube Amien Rais Official
A+ A-
JAKARTA - Tokoh Reformasi M Amien Rais akhirnya mengumumkan nama partai baru yang dibidaninya bersama sejumlah kawan seperjuangannya. Partai Ummat, demikian nama partai tersebut.

Nama partai baru tersebut memang ditunggu banyak pihak. Apalagi, awalnya tersiar kabar nama dan lambang atau logo partai baru tersebut bakal mirip dengan Partai Amanat Nasional (PAN), partai yang didirikan Amien Rais pada Agustus 1998. Dengan telah dibukanya nama partai tersebut, berarti menghilangkan anggapan bahwa partai baru Amien Rais ini hendak mendompleng nama PAN.

Berdasarkan catatan, hubungan Amien dan PAN memanas setelah Zulkifli Hasan (Zulhas) kembali terpilih menjadi ketua umum PAN pada Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Februari 2020. Kala itu, jago Amien, Mulfachri Harahap, kalah dari Zulhas dalam kongres yang diwarnai kericuhan tersebut.

Berikut redaksi tampilkan deretan peristiwa yang mewarnai lahirnya Partai Ummat:



1. Amien Rais Minta Maaf karena Kongres V PAN Ricuh

Pada 26 Februari 2020, Amien mengeluarkan pernyataan resmi tentang hasil Kongres V PAN di Kendari. Amien minta maaf pada hampir 10 juta pemilih PAN lantaran PAN telah menyuguhkan Kongres yang penuh dengan keonaran. (Baca juga: Amien Rais: Tak Ada yang Seburuk Partai Saya).

Deretan Peristiwa yang Mewarnai Lahirnya Partai Ummat

Mulfachri Harahap dan Zulkifli Hasan mencoba menenangkan peserta Kongres V PAN. Foto/SINDO/Eko Purwanto



2. Amien Rais Tak Masuk Struktur PAN

Pada 25 Maret 2020, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengumumkan kepengurusan PAN hasil Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) 10-12 Februari. Mulfachri Harahap yang menjadi pesaing Zulhas saat kongres kemarin tidak masuk di dalamnya. Nama Amien Rais pun tidak ada. Namun, dua putra Amien Rais, Hanafi Rais dan Mumtaz Rais masuk, masing-masing menjadi wakil ketua umum dan ketua. (Baca juga: Zulhas Umumkan Kepengurusan PAN 2020-2025, Tak Ada Nama Amien Rais dan Mulfachri).
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top