alexametrics

Hanafi dan Mumtaz Jadi Pengurus, Bukti Ada Simbiosis Mutualisme PAN dan Amien Rais

loading...
Hanafi dan Mumtaz Jadi Pengurus, Bukti Ada Simbiosis Mutualisme PAN dan Amien Rais
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. Foto/Dok SINDO
A+ A-
JAKARTA - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) telah mengumumkan kepengurusan DPP PAN 2020-2025. Zulhas tetap memasukkan dua putra Amien Rais yakni Hanafi Rais dan Mumtaz Rais dalam kepengurusan baru tersebut.

Analis Politik UIN Jakarta Bakir Ihsan menilai, dengan masuknya dua anak Amien masuk kepengurusan Zulhas, wacana pembentukan PAN Reformasi yang diinisiasi loyalis Amien bisa batal.

"Karena (karier politik) keduanya tidak terlepas dari sosok Amien Rais," kata Bakir saat dihubungi SINDOnews, Jumat (27/3/2020).



Bakir memandang, kehadiran Hanafi dan Mumtaz di kepengurusan PAN tak lain dan tak bukan karena dianggap representasi Amien. Sebaliknya, PAN menganggap sosok Amien masih dibutuhkan sebagai pendiri ikon PAN. (Baca juga: Dua Putranya Masuk Kepengurusan, Amien Dinilai Serakah Jika Restui PAN Reformasi).

"Ada simbiosis mutualisme antara PAN dan Amien Rais," ujar dosen pengajar Ilmu Sosiologi Politik ini. (Baca juga: Zulhas Umumkan Kepengurusan PAN 2020-2025, Tak Ada Nama Amien Rais dan Mulfachri).
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak