Zulkifli Hasan Diyakini Bakal Bujuk Hanafi Rais

Selasa, 05 Mei 2020 - 17:01 WIB
loading...
Zulkifli Hasan Diyakini Bakal Bujuk Hanafi Rais
Zulkifli Hasan dan para pengurus PAN. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan diyakini akan membujuk Ahmad Hanafi Rais agar membatalkan pengunduran diri. Diketahui, selain mundur dari kepengurusan PAN periode 2020-2025 dan jabatan Ketua Fraksi PAN DPR RI, Hanafi Rais juga mundur dari anggota DPR periode 2019-2024.

"Tapi saya yakin, Beliau (Zulkifli Hasan-red) akan bujuk Hanafi agar jangan mundur kan," ujar Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Muhammad Asri Anas yang merupakan pendukung Hanafi Rais sekaligus loyalis Amien Rais, kepada SINDOnews, Selasa (5/5/2020).

Asri Anas pun menilai keputusan politik Hanafi Rais itu memiliki dampak kepada para loyalis Amien Rais. "Oh, pasti memiliki dampak dong, karena apa pun, menurut saya, salah satu tokoh di PAN yang tidak tergantikan, yang memiliki jaringan ketokohan yang kuat, ya itu ada pada Pak Amien Rais," ujarnya. ( ).

Lebih lanjut dia mengatakan, salah satu putra Amien Rais yang memiliki semangat, dan intelektualitas adalah Hanafi Rais.

Surat pengunduran Hanafi Rais itu beredar di kalangan wartawan. Dalam secarik kertas tertanggal 5 Mei 2020 yang ditandatangani di atas meterai, Hanafi Rais menjelaskan alasan dirinya mundur.

Hanafi menilai PAN momentum untuk memperbaiki lebih bijaksana dalam berorganisasi dan bersikap. Hanafi menilai PAN cenderung melakukan konformitas terhadap kekuasaan, sekalipun didahului kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan. (Baca Juga: PAN Reformasi Didirikan, Petaka bagi Zulkifli Hasan).

Hanafi meminta maaf atas keputusannya mundur dari partai. "Hanya ridha Allah yang saya tuju. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan saya. Semoga Allah mengampuni dosa dan kesalahan saya dan kita semua," katanya dalam surat yang ditulisnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)