Selain Corona, DPR Minta Pemerintah Tangani DBD-TBC secara Komprehensif

Selasa, 24 Maret 2020 - 18:19 WIB
Selain Corona, DPR Minta Pemerintah Tangani DBD-TBC secara Komprehensif
Selain Corona, DPR Minta Pemerintah Tangani DBD-TBC secara Komprehensif
A A A
JAKARTA - Selain virus Corona (COVID-19) yang mewabah dunia hingga Tanah Air, Pemerintah juga diminta antisipasi dan melakukan pencegahan secara komprehensif terhadap pandemi lain, terutama Demam Berdarah (DBD) dan TBC. (Baca juga: 686 Orang di Indonesia Positif Corona, 55 Meninggal Dunia)

"Karena wilayah kita kategori Tropis, maka penyakit DBD mewabah di masyarakat hampir tiap tahun. Bahkan di beberapa Daerah sudah menyatakan Darurat,” kata anggota DPR FPKB, Marwan Jafar di Jakarta, Selasa (24/03/2020). (Baca juga: Selain Corona, Pemerintah Diminta Waspada Wabah Demam Berdarah)

Menurut Marwan, berbagai pandemi lain yang juga harus segera dilakukan upaya-upaya komprehensif selain COVID-19 antara lain infuenza yang sangat resisten menyebar di tengah masyarakat, terutama di musim ekstrem ini.

Selain itu, ada pandemi pes bubo yang juga sangat berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis yang ditularkan oleh hewan seperti tikus. Juga penyakit menular dan berbahaya yakni TBC (Tuberkulosis).

Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar yang berisiko pada kematian. "Pemerintah kita dorong terus lakukan upaya pencegahan berbagai pandemi secara komprehensif demi keselamatan seluruh rakyat,” katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4734 seconds (0.1#10.140)