Penderita Corona Bertambah, Pemerintah Diminta Belajar dari Arab Saudi

Senin, 09 Maret 2020 - 09:20 WIB
Penderita Corona Bertambah, Pemerintah Diminta Belajar dari Arab Saudi
Penderita Corona Bertambah, Pemerintah Diminta Belajar dari Arab Saudi
A A A
JAKARTA - Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie menyatakan, perlu ada langkah preventif dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona . Hal ini perlu dilakukan mengingat, penderita yang positif terpapar virus itu bertambah menjadi 6 orang. "Saya nilai ada juga yang menggangap remeh akan virus ini," kata Jerry saat dihubungi SINDOnews, Senin (9/3/2020).

Anehnya, kata Jerry, dirinya menduga masih banyak saja turis asal China yang masuk Indonesia. Sementara, penerbangan sudah di tutup sehingga timbul pertanyaan mereka masuk dari mana. "Belajarlah dari Arab sebelum terjadi mereka melarang warga asing masuk negara merela sekalipun umrah. Justru kita masih memberikan kemudahan bagi warga China masuk Indonesia," ujarnya. (Baca juga: Kasus Corona Bertambah, Istana Dinilai Perlu Perbaiki Strategi Komunikasi)

Dia menyarankan, pemerintah menghentikan dan membatasi terlebih dahulu lalu lintas warga negara asing yang masuk ke Indonesia. Pembatasan itu seharusnya tak hanya diterapkan kepada negara epicentrum virus corona seperti Italia, Iran dan beberapa negara lainnya. "Baru alat pendeteksi kita belum terlalu canggih. Sosialisasi penting jangan mengintimidasi. Do not panic (jangan panik)," tutur dia. (Baca juga: Kasus Corona Terus Bertambah, Enam Orang Positif Terinfeksi)

Di sisi lain, pemerintah dan semua pihak jangan sampai menggangap sepele, seakan-akan virus ini hanya masalah biasa. "Kumpulkan ahli-ahli dibidang medis kalau perlu adakan riset untuk mencari tahu apa obatnya. Kan sudah ditemukan obat penangkal virus Corona jadi tinggal bagaimana kita bekerja sama agar obat tersebut bisa diimpor," katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6385 seconds (0.1#10.140)