alexametrics

Kekompakan Prabowo dan Trenggono Dinilai Bikin Kinerja Kemhan Memuaskan

loading...
Kekompakan Prabowo dan Trenggono Dinilai Bikin Kinerja Kemhan Memuaskan
Direktur Eksekutif IPI, Karyono Wibowo menilai keberhasilan Kemhan meraih rapor kepuasan publik karena kekompakan Prabowo Subianto dan wakilnya Sakti Wahyu Trenggono yang memakili unsur militer-sipil. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Survei Indo Barometer menyebutkan Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto dianggap sebagai menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin dengan kinerja terbaik. Tingkat kepuasan publik terhadap Prabowo mencapai 26,8%. Bahkan, Ketua Umum Partai Gerindra itu disebutkan sebagai menteri paling populer.

Menanggapi hasil survei itu, Direktur Eksekutif Indonesia Public Institut (IPI), Karyono Wibowo menilai keberhasilan Kementerian Pertahanan (Kemhan) meraih rapor kepuasan publik karena kekompakan Prabowo dan wakilnya Sakti Wahyu Trenggono yang memakili unsur militer-sipil. (Baca juga: Prabowo Menteri Berkinerja Terbaik, PAN: Tak Sia-sia Gabung Pemerintah)

"Menurut saya bisa saja ada peran Wamen cukup signifikan dalam membantu kinerja Menhan. Sinkronisasi antara menteri dan wamen menjadi faktor penting dalam menunjang kinerja di kementerian," ujar Karyono saat dikonfirmasi, Selasa (18/2/2020).



Dikatakannya, baik Prabowo maupun Trenggono sejauh ini selalu berjalan bersama. "Jika tidak, maka sudah pasti akan mengganggu kinerja," jelas Karyono.

Dia berpandangan kedua figur pimpinan di Kemhan tersebut merupakan pasangan komplementer. "Potensi dan kompetensi antara Prabowo dengan Trenggono saling melengkapi. Prabowo memiliki kompetensi di bidang militer dan strategi pertahanan, sedangkan Trenggono memiliki kompetensi di bidang pengembangan industri pertahanan," jelas Karyono.

Berkaca pada hasil survei Indo Barometer, lanjutnya, jelas publik melihat Kemhan tengah berada di tangan yang tepat sebagai kementrian yang menjaga dan membuat kebijakan publik terkait pertahanan nasional. (Baca juga: Survei Indo Barometer: Prabowo Subianto Menteri Paling Berkinerja Bagus)

"Selain itu, persepsi kepuasan kinerja Kementerian Pertahanan terbangun karena penilaian publik terhadap sosok pimpinannya dipersepsikan memiliki kemampuan di bidangnya," tutupnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak