ASEAN Diyakini Tak Masalah Prabowo Jadi Menhan

Kamis, 24 Oktober 2019 - 21:13 WIB
ASEAN Diyakini Tak Masalah Prabowo Jadi Menhan
ASEAN Diyakini Tak Masalah Prabowo Jadi Menhan
A A A
JAKARTA - Negara-negara ASEAN diyakini tidak mempermasalahkan penunjukan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai menteri Pertahanan (menhan). ASEAN sendiri saat ini tengah menghadapi berbagai perubahan di tingkat global

Peneliti Hubungan Internasional dari Pusat Penelitian Politik pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Khanisa Krisman belum mendengar tentang kekhawatiran negara-negara ASEAN terhadap penunjukkan Prabowo Subianto sebagai Menhan RI. (Baca juga: Gerindra Merasa Tak Ada Pembatasan Ruang Gerak Prabowo sebagai Menhan )

"Saya rasa dengan kondisi ASEAN yang saat ini sedang bergeliat untuk mempertahankan kesatuan dan sentralitasnya atas kawasan ini menghadapi berbagai perubahan di tingkat global. Kemungkinan besar negara-negara anggota ASEAN juga tidak akan mempermasalahkan pemilihan Prabowo Subianto selama dinamika antarmereka tidak terganggu," katanya kepada SINDOnews, Kamis (24/10/2019).

Terkait dengan ASEAN, ia berpendapat perlu juga kembali pada kesepakatan ASEAN. Yakni menjadi kawasan yang menjunjung tinggi perdamaian dan stabilitas yang sudah lama diadopsi melalui Treaty of Amity and Cooperation. (Baca juga: Jabat Menhan, Prabowo: Saya Akan Belajar Dulu Situasi yang Terakhir )

Diketahui, serah terima jabatan (sertijab) posisi Menhan telah dilakukan dari Ryamizard Ryacudu kepada Prabowo Subianto. Ryamizard meyakini Prabowo adalah orang yang tepat menggantinya sebagai Menhan.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9026 seconds (0.1#10.140)