Kesaksian Jenderal Kopassus saat Timtim Lepas dari Indonesia, Suasana Mencekam, 2 Kubu Saling Bunuh

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 06:28 WIB
loading...
Kesaksian Jenderal Kopassus...
Tentara Interfet menangkap seorang yang dicurigai anggota Milisi di Liquisa, Timtim. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Timor Timur (Timtim) yang kini telah merdeka dan menjadi negara sendiri bernama Timor Leste sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Pisahnya provinsi ke-27 dari pangkuan Ibu Pertiwi sampai saat ini masih meninggalkan kepedihan yang mendalam.

Tidak hanya bagi penduduk setempat yang harus meninggalkan tanah kelahirannya di Bumi Lorosae. Namun juga para prajurit TNI-Polri yang pernah menjalankan tugas di daerah tersebut. Khususnya bagi keluarga mereka yang gugur saat awal masuknya Timtim menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo dalam bukunya berjudul “Mengantar Provinsi Timor Timur Merdeka Menjadi Timor Leste” menceritakan bagaimana suasana mencekam di Timtim menjelang dan sesudah jajak pendapat atau referendum.



Mantan Wakil Gubernur (Wagub) Timtim ini menjadi saksi sejarah peristiwa yang terjadi di daerah tersebut. Aksi penculikan, perusakan, penembakan hingga pembunuhan antara kedua kubu yang saling berseberangan yakni, kubu pro integrasi Indonesia dan pro kemerdekaan yang dukung Falintil hampir setiap hari mewarnai kehidupan di Timtim.

Ketidakmampuan Pemerintah Indonesia dan aparat keamanan TNI-Polri memberikan jaminan keamanan ditambah kehadiran United Nations Assessment Mission on East Timor (UNAMET) yang cenderung tidak netral dan berpihak pada kubu pro kemerdekaan, membuat situasi semakin tidak kondusif.



Situasi politik nasional di Indonesia yang sedang euforia terhadap Reformasi, membuat Presiden BJ Habibie saat itu menganggap pemberian opsi referendum bagi rakyat Timtim merupakan langkah yang tepat.

Saat menghadiri acara Munas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pada 11 Februari 1999, Presiden BJ Habibie menegaskan akan memberikan kemerdekaan Timor Timur mulai 1 Januari 2000 agar kelak tidak lagi menjadi beban bagi Indonesia.

Kesaksian Jenderal Kopassus saat Timtim Lepas dari Indonesia, Suasana Mencekam, 2 Kubu Saling Bunuh

Anggota Aitarak milisi pro Indonesia melakukan patroli di Timtim. Foto/istimewa
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)