Aksi Heroik Jenderal Kopassus JS Prabowo di Timtim, Buru dan Kalahkan Fretilin di Hutan Bambu

Senin, 15 Juli 2024 - 06:43 WIB
loading...
Aksi Heroik Jenderal...
Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo (tengah) saat berpisah dengan Kay Rala, Xanana Gusmau (kiri) di Bandara Comoro, Dili, Timtim. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Timor Timur (Timtim) yang sekarang telah menjadi Negara Timor Leste memberikan banyak kenangan tersendiri bagi Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo. Bagaimana tidak, selama 36 tahun menjadi tentara hampir sebagian besar pengabdiannya dihabiskan di Timtim.

Di daerah penugasan tersebut, lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1976 dari satuan Kopassus yang dianugerahi penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama ini harus bertempur menyabung nyawa menghadapi kelompok bersenjata Fretilin.

Salah satu kenangan yang tidak akan pernah bisa dilupakan dan masih terekam kuat dalam ingatan Suryo, panggilan akrabnya adalah peristiwa penghadangan di daerah hutan bambu Illiomar oleh Fretilin.



Dikutip dalam buku biografinya berjudul “Mengantar Provinsi Timor Timur Merdeka Menjadi Timor Leste” diceritakan, saat itu Suryo yang menjabat sebagai Kasrem 164/WD tengah melaksanakan kegiatan Aventurar as Terras de Timor. Tur kegiatan sepeda motor mengelilingi Timor Timur dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ini digelar dalam rangka HUT ke-19 Timor Timur, yang saat ini masih masuk dalam aprovinsi ke-27 Indonesia.

Kegiatan tur yang diikuti peserta dari Timor Timur, NTT, dan Jakarta ini bertujuan untuk menunjukkan pada dunia bahwa kondisi Timor Timur aman.



”Ketika memasuki jalan tanah dan berdebu di daerah hutan bambu Illiomar, saya melihat percikan debu-debu kecil depan sepeda motor saya yang berasal dari gerumbul di sebelah kanan depan. Saya tidak mendengar suara sekitar, mungkin direna mengenakan helm fullface,” kenangnya, Senin (15/7/2024).

Aksi Heroik Jenderal Kopassus JS Prabowo di Timtim, Buru dan Kalahkan Fretilin di Hutan Bambu


Namun ketika melirik Gubernur Timor Timur Jose Abilio Osorio Soares atau dikenal dengan panggilan Abilio yang mengendarai sepeda motor di sebelah kiri, tampak Abilio menunjuk ke arah depan sambil memberi kode ada tembakan. Mobil Patroli dan Pengawalan (Patwal) di depan yang dikendarai oleh Kapten Pol. Paulo de Fatima Martin beserta motor yang lain ternyata sudah tidak terlihat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)