Kaesang Berpotensi Menang Pilkada Jateng, Ini Sejumlah Indikator Pendukung

Minggu, 07 Juli 2024 - 15:09 WIB
loading...
Kaesang Berpotensi Menang...
Ketua Umum DPP PSI, Kaesang Pangarep memiliki potensi menang tinggi jika berkompetisi di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua UmumDPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep memiliki potensi menang tinggi jika berkompetisi di Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024. Salah satu alasannya, dia kemungkinan besar akan mendapatkan dukungan dari partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM)

Dosen FISIP Universitas Bung Karno, Faisal Chaniago mengatakan, ada beberapa faktor yang memberikan peluang Kaesang bisa menang di Pilkada Jawa Tengah 2024.

"Jika Kaesang jadi didukung Partai KIM, potensi untuk menang tinggi. Sebab mesin partai yang bekerja cukup banyak. Bukan hanya PSI saja," kata Faisal Chaniago, Minggu (7/7/2024).

Selain itu dia mengungkapkan, efek Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tidak langsung ikut menjadi variabel yang bisa mempengaruhi elektabiltias Kaesang. Hal ini sudah tampak dari hasil survei LSI.



Elektabilitas Kaesang mengungguli Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Di mana Kaesang memperoleh 15,9 persen, sementara Ahmad mengantongi 12,9 persen.

"Jokowi efek secara tidak langsung pun ikut menjadi varibel yang bisa mempengaruhi elektabilitas Kaesang. Karena tingkat kepuasan publik, termasuk masyarakat Jateng terhadap pemerintah Jokowi cukup baik," ujarnya.

Kaesang yang merupakan warga Solo, Faisal menjelaskan, memiliki kedekatan budaya dengan warga Jawa Tengah. Secara otomatis, dia menambahkan, akan terjadi ikatan psikologi budaya antara masyarakat dan Kaesang.

Dan terakhir, dia menerangkan, Kaesang baru masuk ke politik. Secara rekam jejak, Kaesang tidak memiliki cacat dalam berpolitik. "Nama Kaesang cukup baik, belum ada cacat politik selama terjun ke dunia politik," tegasnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)