Jadi Cagub Jateng, Ahmad Luthfi Mundur dari Irjen Kemendag

Rabu, 04 September 2024 - 19:18 WIB
loading...
Jadi Cagub Jateng, Ahmad...
Komjen Pol Ahmad Luthfi mengundurkan dari jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag). Ahmad Luthfi maju sebagai cagub di Pilkada Jateng. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Komjen Pol Ahmad Luthfi mengundurkan dari jabatan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Irjen Kemendag). Langkah itu diambil setelah Ahmad Luthfi maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada Jawa Tengah.

Pengunduran diri Ahmad Luthfi diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat menghadiri Rapat Kerja Komisi VI DPR bersama Kemenkop UKM. Zulhas menyampaikan informasi terkini mengenai status Ahmad Luthfi berbarengan dengan perkenalan pejabat Eselon I Kemendag dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR Muhammad Haekal.

"Irjen baru Pak Lutfhi, tapi sudah maju Gubernur di Jawa Tengah, Jadi sudah mengajukan pengunduran diri," kata Zulhas, Rabu (4/9/2024).



Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, dirinya tengah menantikan Keputusan Presiden (Keppres) atas pengajuan pengunduran diri Ahmad Luthfi. Zulhas mengatakan, untuk sementara, posisi yang ditinggalkan Ahmad Luthfi, diisi oleh pelaksana tugas (Plt) yang diemban oleh Sekjen Kemendag Budi Santoso.

"Nanti sudah ada Pak Putu, tapi karena kami lagi tunggu Keppres dari Bapak Presiden, sementara dirangkap oleh Sekjen (selaku) Plt," katanya.

Pilkada Jateng 2024 diikuti oleh dua pasang cagub-cawagub. Pertama, pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin yang diusung koalisi gemuk partai politik, antara lain Partai Gerindra, PSI, PKB, PKS, PPP, NasDem, Golkar, dan PAN. Total gabungan suara di Pileg 2024 mencapai 13,7juta suara.

Pasangan kedua adalah Andika Perkasa–Hendrar Prihadi alias Hendi yang diusung PDIP. Perolehan suara PDIP di Jateng pada Pileg 2024 sebanyak 5,2 juta suara.



Ketua KPU Jateng Handi Tri Ujiono mengemukakan berdasar jumlah suara sah partai politik yang telah mendaftarkan bakal calon gubernur–wakil gubernurnya, dapat dipastikan Pilgub Jateng 2024 hanya diikuti 2 paslon.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)