Menunggu Dampak Merdeka Belajar

Jum'at, 17 Mei 2024 - 14:33 WIB
loading...
A A A
Apakah terbentuknya TPPK tersebut dapat dijadikan indikator dampak Merdeka Belajar episode 25? Ataukah yang lebih tepat mencari informasi yang akurat tentang inisiatif apa yang sudah ditindaklanjuti pasca pembentukan tim. Bukan tidak mungkin pembentukan tim terkesan “menggugurkan kewajiban” saja bagi daerah dan satuan pendidikan agar tidak dikenakan sanksi.

Keberlanjutan Dampak
Keberadaan episode Merdeka Belajar seharusnya disikapi sebagai momentum kebangkitan reformasi pendidikan di Indonesia. Ini diharapkan dapat mengangkat harga diri pendidikan Indonesia yang selama ini dipandang sebelah mata karena dianggap selalu tertinggal dibandingkan negara lain di dunia.

Dampak perubahan masing-masing episode seyogianya diungkapkan kepada publik dengan indikator dan ukuran yang jelas. Indikator tersebut tidak hanya dalam bentuk output kebijakan tetapi berupa outcomes kebijakan. Outcomes dimaksud dapat berupa perubahan perilaku target kebijakan yang diungkapkan dalam bentuk testimoni masyarakat. Testimoni tersebut akan menunjukkan bahwa memang kebijakan membuka kesempatan kepada mereka untuk berperan dan terlibat aktif dan mendapatkan keuntungan atas kebijakan tersebut.

Juga indikator dapat diukur sejauhmana kebijakan beradapatasi dengan keragaman sosial, budaya dan ekonomi di berbagai daerah. Indikator dapat berupa komitmen berbagai pemangku kepentingan di daerah yaitu komitmen politik anggaran untuk kelanjutan episode Merdeka Belajar. Juga komitmen sinergi berbasiskan kepentingan dan kebutuhan bersama, bukan hanya kepentingan salah satu pihak.
(wur)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)
pixels