Direspons Positif, BLT Pekerja Rp600 Ribu/Bulan Harus Tepat Sasaran

Selasa, 18 Agustus 2020 - 18:59 WIB
loading...
Direspons Positif, BLT Pekerja Rp600 Ribu/Bulan Harus Tepat Sasaran
Pemerintah berencana memberi bantuan sosial kepada pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta. Para pekerja akan mendapatkan bantuan masing-masing Rp600 ribu per bulan dan akan digelontorkan selama empat bulan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pandemi virus Corona (Covid-19) telah memberi dampak bagi kehidupan masyarakat, salah satunya terhadap kehidupan para pekerja.

Gara-gara pandemi, banyak pekerja yang tidak bisa mendapatkan upahnya secara penuh bahkan ada banyak juga yang harus mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) . Hal ini tak pelak menyebabkan daya beli masyarakat menurun.

Dilatarbelakangi dari kondisi itu, pemerintah pun berencana memberikan bantuan sosial kepada para pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta.

Para pekerja tersebut akan mendapatkan bantuan masing-masing sebesar Rp600 ribu per bulan dan akan digelontorkan dalam waktu empat bulan. ( )

Meski demikian, pendapat berbeda diungkapkan responden lainnya bernama Rizka. Bagi perempuan yang menyandang status sebagai pekerja ini, jumlah yang ditetapkan termasuk tidak wajar.

“Untuk yang hidup di Jakarta, uang segitu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," ujarnya.
Direspons Positif, BLT Pekerja Rp600 Ribu/Bulan Harus Tepat Sasaran


Tepat Sasaran

Pelaksanaan program baru tentu tak lepas dari adanya kendala. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi pemerintah dalam menjalankan program ini, salah satunya terkait penyaluran bantuan.

Melihat pelaksanaan program bantuan yang pernah dijalankan sebelumnya, pelaksanaan distribusi bantuan bagi masyarakat seringkali tidak berjalan optimal.

Hal tersebut membuat banyak masyarakat pun pada akhirnya ikut meragukan ketepatan sasaran distribusi dalam program BLT pekerja ini. Dalam hasil survei, hal tersebut disampaikan oleh 64% responden.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)