Menko Polhukam Pastikan Pengamanan Jelang Putusan MK Terus Berjalan

Kamis, 18 April 2024 - 19:44 WIB
loading...
Menko Polhukam Pastikan Pengamanan Jelang Putusan MK Terus Berjalan
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto memastikan pengamanan dari TNI-Polri tetap akan berlangsung jelang putusan Mahkamah Konstitusi dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum. Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto memastikan pengamanan dari TNI-Polri tetap akan berlangsung jelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). MK dijadwalkan menggelar sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 itu pada Senin, 22 April mendatang.

"MK masih berjalan, kita terus memberikan perhatian, supaya sidang MK yang masih berjalan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua, terus kita akan fokus,” kata Hadi di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Mantan Panglima TNI itu juga memastikan pintu demonstrasi bagi masyarakat yang ingin menyuarakan pendapatnya terus dibuka. Pemerintah, kata dia, tetap akan menghargai pendapat masyarakat sebagai hak demokrasi.



"Itu kan hak ya, hak demokrasi, kita hargai, toh kita juga akan dengarkan apa yang mereka sampaikan namun sidang ini kan harus kita amankan terus berjalan, ya itu saya kira normal ya," sambung dia.

Saat ditanya mengenai persiapan khusus pada sidang putusan MK, Hadi menjawab bahwa setiap kegiatan punya mitigasinya masing-masing. Dia menambahkan, yang jelas pemerintah akan tetap mengakomodir rencana aksi dari setiap warga negara agar pelaksanaan menyuarakan pendapat itu bisa berjalan aman dan damai.

“Kalau namanya suatu kegiatan kita kan pasti ada mitigasi ya, mitigasi ya kita tetap menjaga keamanan, kemudian kita punya rencana-rencana aksi supaya semuanya bisa aman damai dan terlindungi semuanya," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)