Komisi Antikorupsi Malaysia Juga Ingin Belajar LHKPN dari KPK

Senin, 05 November 2018 - 15:21 WIB
Komisi Antikorupsi Malaysia Juga Ingin Belajar LHKPN dari KPK
Komisi Antikorupsi Malaysia Juga Ingin Belajar LHKPN dari KPK
A A A
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima sejumlah perwakilan dari Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) atau Komisi Antikorupsi Malaysia pada Senin (5/11/2018). Kedua belah pihak sepakat memperpanjang kontrak kerja sama yang terjalin sejak lama.

Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan selain memperpanjang kesepakatan MACC juga ingin mempelajari cara Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"Mereka juga akan belajar dan pendalaman juga mengenai dengan LHKPN. LHKPN itu ternyata Malaysia baru akan mulai. Jadi nanti akan kita kerja sama, mereka belajar sama kita dan kita akan memberikan informasi kepada mereka," jelas Agus dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Selain itu KPK juga turut bertukar informasi dari MACC dalam mengembangkan anti corruption learning center. Karena dinilai MACX lebih berpengalaman, bahkan MACC telah melakukan pelatihan internasional.

"Kita akan banyak belajar dari Malaysia karena sudah menerapkan lama, bahkan kalau tidak salah MACCA sudah melakukan pelatihan untuk internasional yang bagian dari pelatihan itu akan mendapatkan master di bidang anticorruption," jelas Agus.

Chief Commisioner MACC, Dato’ Sri Mohd Shukri bin Abdull menyambut positif apa yang dilakukan KPK dalam bertukar informasi. Dia menganggap Komisi Antikorupsi Malaysia dan KPK punya kesamaan.

"Alhamdulillah kita punya banyak bersamaan dan kami datang untuk belajar dengan deklarasi harta kekayaan. Kami dapati KPK sudah punya sistem yang cukup bagus dari segi sistem elektronik. Jadi Malaysia ingin belajar bagaimana sistem ini berjalan. Kami juga ingin belajar dari segi policy KPK, pegawai saya akan stay di KPK sampai besok untuk belajar dua isu ini," pungkas Shukri.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6438 seconds (0.1#10.140)