Temukan Malapraktik Pemilu 2024, Perkumpulan Jaga Pemilu: Jangan Dianggap Hal Wajar

Senin, 01 April 2024 - 15:32 WIB
loading...
Temukan Malapraktik Pemilu 2024, Perkumpulan Jaga Pemilu: Jangan Dianggap Hal Wajar
Ketua perkumpulan pemantau Pemilu Jaga Pemilu, Natalia Soebagjo mengatakan, pihaknya menemukan malapraktik dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Foto/Ilustrasi SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua perkumpulan pemantau Pemilu 'Jaga Pemilu', Natalia Soebagjo mengatakan, pihaknya menemukan malapraktik dalam pelaksanaan Pemilu 2024 .

"Malapraktik Pemilu itu adalah satu maladministrasi, contohnya soal pemuktahiran data DPT yang tidak akurat, perencanaan logistik yang tidak teliti dan lain-lain," kata Natalia dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring, Senin (1/4/2024).

Tidak hanya itu, Natalia mengatakan, pihaknya juga melihat inkompetensi dan ketidaknetralan penyelenggara Pemilu 2024.

"Soal tidak netralnya penyelenggara hingga terjadi dugaan manipulasi, terutama terkait perhitungan dan rekap suara," ucapnya.



Natalia menegaskan, jangan sampai malapraktik Pemilu 2024 dianggap sebagai hal wajar, dan tidak diperbaiki ke depannya. Karena, hal itu dapat melahirkan pemimpin yang inkompeten.

"Malapraktik seperti ini tidak dapat diterima dan jangan sampai dianggap sebagai hal wajar karena ini bagian dari politik, tidak, we can do better than this, we deserve better than this," katanya.

"Kesalahan inkompetensi bahkan keteledoran penyelenggara Pemilu terjadi berulang, padahal Indonesia sudah melaksanakan Pemilu sepanjang era reformasi ini," sambungnya.

Natalia berharap agar temuan Jaga Pemilu dapat ditindaklanjuti oleh Bawaslu, sehingga Pemilu selanjutnya dapat berlangsung lebih baik lagi.

"Kami sangat berharap, temuan Jaga Pemilu dan organisasi masyarakat lain yang fokus mengawasi Pemilu, agar dihiraukan, dianggap, jangan dianggap sebagai "ah suara mereka yang kalah", bahwa ini residu, jangan," katanya.

"Temuan kita adalah temuan yang melalui proses yang sangat seksama, yang metodologinya dapat dipertanggungjawabkan. Mari kita sama sama memperbaiki sistemnya supaya kembali lagi on the track," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2709 seconds (0.1#10.140)