Anies Baswedan Sebut Kualitas Pemilu 2024 Tak Cerminkan Kualitas Demokrasi

Rabu, 27 Maret 2024 - 09:19 WIB
loading...
Anies Baswedan Sebut Kualitas Pemilu 2024 Tak Cerminkan Kualitas Demokrasi
Capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyebut Pemilu 2024 tidak mencerminkan kualitas demokrasi. Foto/MPI/giffar rivana
A A A
JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menyebut Pemilu 2024 tidak mencerminkan kualitas demokrasi. Hal itu disampaikan Anies membuka persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di depan para 8 Hakim Konstitusi.

Anies mengatakan, proses pemilu telah selesai dan hasilnya telah diumumkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Namun yang perlu di garis bawahi adalah adanya suara tak mutlak menentukan kualitas dari demokrasi.

"Setiap tahapan proses pemilihan, mulai dari persiapan awal hingga pengumuman, haruslah konsisten dengan prinsip-prinsip kebebasan, kejujuran , keadilan, dan prinsip-prinsip ini bukan formalitas, ini bukan sekadar ada di teks, tapi ini pondasi esensial yang harus dijaga untuk membangun dan memelihara sistem demokrasi yang sehat, yang stabil, dan yang berkelanjutan," kata Anies di Gedung MK, Rabu (27/3/2024).



Anies melanjutkan, pemilihan umum yang bebas jujur, adil adalah pilar yang memberi legitimasi kuat pada pemerintahan terpilih, yang mana hal itu bisa membawa kepercayaan publik serta memperkuat pondasi institusi pemerintah.

"Tanpa itu, legitimasi, kredibilitas dari pemerintah yang terpilih akan diragukan. Lebih jauh lagi, pemilihan yang dijalankan secara bebas, secara jujur dan adil adalah sesungguhnya pengakuan atas hak dasar setiap warga negara dalam menentukan arah dan masa depan negara mereka sendiri. Ini adalah wujud tertinggi dari kedaulatan rakyat di mana setiap suara dapat disampaikan dan dihitung tanpa tekanan, tanpa ancaman, tanpa iming-iming imbalan," katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)