Lomba Menulis ISDS Bertema Kedaulatan Berhadiah Ratusan Juta

Senin, 04 Maret 2024 - 15:17 WIB
loading...
A A A
Salah seorang juri, Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan, dinamika geopolitik di kawasan Asia Tenggara berputar di sekitar perebutan pengaruh antara Amerika Serikat (AS) dan China. Duta Besar LBBP Indonesia untuk Republik Filipina ini, mengharapkan para peserta lomba bisa menyatakan pendapatnya tentang geopolitik Indonesia dengan baik.

baca juga: Indonesia Kelilit Utang Rp7.000 Triliun, Ma’ruf Amin: Tidak Merusak Kedaulatan Negara

Agus menjelaskan melalui pendekatan teori Geopolitik dapat ditinjau lebih mendalam keuntungan dan kerugian, baik dari aspek politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi, perdagangan, alur perdagangan dunia, iklim, perdagangan narkoba.

“Kita harus paham gepolitik, supaya kita bisa tahu bagaimana memenangkan kompetisi antar bangsa, juga bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) 2016-2022 ini.

Adapun lomba penulisan kedaulatan diluncurkan pada 4 Maret dan batas waktu pengiriman pada 31 Mei 2024. Selanjutnya masa penjurian 1-23 Juni 2024, dan dijadwalkan pada 24 Juni akan ada pengumumkan pemenangnya.

Di sela-sela lomba, ISDS akan menyelenggarakan webinar tentang hasil survei yang tema besarnya tentang Kedaulatan. Dan materi-materi dari webinar ini bisa dijadikan rujukan untuk bahan penulisan lomba.

Adapun, lomba menulis bertema kedaulatan ini terdiri atas tiga kategori, yakni untuk masyarakat umum, akademisi, baik itu mahasiswa, dosen, peneliti, hingga TNI-Polri. Satu kategori lagi yaitu untuk wartawan.

Untuk tetap menjaga kualitas dan obyektifitas lomba, ISDS menghadirkan dua pakar pertahanan, yaitu Letjen TNI (purn) Agus Widjojo yang saat ini menjabat sebagai Dubes RI untuk Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau, dan Wakil Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksyda Prof Dr Amarulla Octavian. Juri satu lagi dari ISDS, Co-Founder Edna C Pattisina.

Lomba menulis ini berhadiah total Rp120 juta untuk 18 pemenang berupa Macbook Air, Ipad hingga handphone. Adapun bagi peserta lomba dapat mengirimkan tulisan ke https://bit.ly/LombaISDS dimulai 4 Maret dan ditutup pada 31 Mei 2024 pukul 23.59 WIB.

baca juga: China Bangun Pangkalan Militer di LCS, PII: Ancaman Kedaulatan Negara di Asia Tenggara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)