Karier Politik dan Militer AHY, Anak Sulung SBY yang Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN

Jum'at, 23 Februari 2024 - 11:11 WIB
loading...
A A A
Menjelang bergulirnya kontestasi Pilpres 2024, nama AHY juga muncul sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres). Awalnya, ia bersama Partai Demokrat menjalin koalisi dengan NasDem yang mengusung Anies Baswedan.

Namun, arus politik kembali berubah setelah AHY batal dijadikan cawapres pendamping Anies. Setelah itu, ia bersama Partai Demokrat beralih merapat ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo Subianto.

Terbaru, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional. Ia dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (21/2/2024) di Istana Negara.

2. Karier Militer

Sedikit dijelaskan di atas, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lebih dulu menjajaki karier militer sebelum terjun ke jagat politik. Hal ini tak mengherankan mengingat latar belakang ayah dan kakeknya yang juga berasal dari militer.

Mengutip informasi dari situs Partai Demokrat, AHY menjadi lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara pada 1997. Kemudian, ia masuk Akademi Militer (Akmil) dan berhasil keluar sebagai lulusan terbaik pada tahun 2000.

Setelah lulus Akmil dan meraih Adhi Makayasa, AHY bergabung dengan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Pada 2002, ia sempat menjadi Komandan Peleton di Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak yang bertugas dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Aceh.

Sekitar 2006, AHY mendapat tugas baru sebagai perwira seksi operasi Kontingen Garuda XXIII-A. Misinya adalah menjaga perdamaian di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon Selatan.

Saat bertugas, AHY menjadi inisiator program mobil pintar sebagai salah satu sarana mengurangi dampak trauma perang bagi anak-anak. Berkat kontribusinya, ia mendapat Army Service Distinction Medal dari pimpinan Angkatan Bersenjata Lebanon.

Seiring waktu, AHY juga diberikan kepercayaan untuk menduduki sejumlah posisi lain. Misalnya, seperti Kepala Seksi Operasi (Kasiops) di Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad (2011) hingga Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203 Arya Kamuning (2015).

Pada 2016, AHY memutuskan mundur sebagai prajurit TNI Angkatan Darat. Ia mengakhiri karier militernya dengan pangkat terakhir Mayor.

Demikian ulasan mengenai riwayat karier politik dan militer AHY, putra sulung Presiden SBY yang dilantik jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4270 seconds (0.1#10.140)