9 Fakta Hadi Tjahjanto, dari Latar Belakang Keluarga hingga Makanan Favorit

Selasa, 06 Februari 2024 - 11:52 WIB
loading...
9 Fakta Hadi Tjahjanto, dari Latar Belakang Keluarga hingga Makanan Favorit
Hadi Tjahjanto merupakan mantan Panglima TNI yang kini mengemban tanggung jawab sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). FOTO/DOK.MNC MEDIA
A A A
JAKARTA - Hadi Tjahjanto merupakan mantan Panglima TNI yang kini mengemban tanggung jawab sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Jabatan itu diemban olehnya sejak 15 Juni 2022 lalu.

Ketika masih aktif di militer, Hadi Tjahjanto dikenal sebagai salah satu sosok prajurit yang punya karier cemerlang. Bahkan dirinya disebut-sebut sebagai salah satu orang kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di militer.

Selain beberapa fakta yang telah disebutkan, masih banyak hal yang jarang orang ketahui tentang sosok Menteri ATR/BPN ini.



9 Fakta Hadi Tjahjanto

1. Lahir dari Keluarga Angkatan Udara

Hadi Tjahjanto lahir pada 8 November 1963, di Malang, Jawa Timur. Dirinya berasal dari keluarga Angkatan Udara, di mana ayahnya menyandang pangkat Kopral dengan pangkat terakhir Sersan Mayor, sementara ibunya merupakan penjual rujak cingur.

Orang tua Hadi berasal dari Banyumas, Jawa Tengah yang kemudian karena tugas militer pindah ke Malang, Jawa Timur.

2. Ketika Masih Kecil Tidak Suka Diberi Uang Saku

Ayah Hadi yang bernama Bambang Sudarso dikenal selalu tegas dalam mendidik anak-anaknya. Tak heran jika Hadi tumbuh menjadi anak yang disiplin bahkan dalam urusan keuangan.

Ketika masih kecil, Hadi seringkali menolak diberi uang saku oleh ibunya. Bahkan jika dirinya diberi uang, uangnya tersebut selalu tersisa.

3. Pernah Jadi Pilot Pesawat Angkut

Setelah lulus dari Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 1986, Hadi memulai karier militernya di Skadron Udara 4. Di sana, Hadi menjadi pilot pesawat angkut ringan untuk Operasi Dukungan Udara, SAR terbatas, dan kursus penerbang pesawat angkut.

Kemudian di 1996, dirinya dipercaya untuk menjadi Komandan Flight Ops A Flight At Skadron Udara 32 Wing Udara 2 di Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

4. Pernah Jadi Sekretaris Militer Presiden

Pada 2015, Hadi ditunjuk menjadi Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres). Tugas ini diemban olehnya hingga tahun 2016. Sebagai Sekretaris Militer, Hadi bekerja di bawah lembaga Kementerian Sekretariat Negara.

Posisi itu terbilang cocok bagi Hadi, mengingat pada tahun 2011 lalu dirinya sempat menjadi Sekretaris Militer Kementerian Sekretaris Negara ketika masih berpangkat perwira menengah.

5. Patahkan Mitos KSAU

Hadi merupakan Panglima TNI kedua yang berasal dari matra TNI Angkatan Udara. Sebelumnya, ada Marsekal Djoko Suyanto yang memimpin TNI pada 2006-2007 di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Terpilihnya Hadi Tjahjanto telah mematahkan sebuah mitos di kalangan TNI AU. Mitos itu meyakini, tidak akan ada lulusan AAU angkatan tahun genap yang menduduki pucuk pimpinan matra udara. Pasalnya, sepanjang sejarah TNI AU, belum pernah ada KSAU yang berasal dari angkatan tahun genap.

6. Panglima TNI Kedua yang Berasal dari Angkatan Udara

Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada 2017. Jabatan itu diemban olehnya hingga 2021, dan kemudian digantikan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)