9 Fakta Hadi Tjahjanto, dari Latar Belakang Keluarga hingga Makanan Favorit

Selasa, 06 Februari 2024 - 11:52 WIB
loading...
A A A
Ditunjuknya Hadi sebagai Panglima TNI ini sekaligus menjadikan dirinya Panglima TNI kedua yang berasal dari matra Angkatan Udara. Sebelumnya sudah ada nama Marsekal TNI Djoko Suyanto yang menjabat dari tahun 2006 hingga 2007.

7. Bongkar Kasus Korupsi Kemhan

Sosok Hadi mulai populer setelah sukses membongkar kasus korupsi di Kementerian Pertahanan (Kemhan) saat ia menjabat sebagai Irjen Kemenhan. Salah satu kasusnya adalah tentang penyelewengan dana pembelian pesawat tempur F-16 dan helikopter Apache yang melibatkan pejabat Kemenhan bernama Brigjen Teddy Hernayadi.

Tiga bulan menjabat sebagai Irjen Kemenhan, Hadi lalu dipilih menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal (Purn) Agus Supriatna.

8. Mengidolakan M Jusuf

Sebagai seorang prajurit militer, Hadi memiliki sosok yang diidolakan yakni Panglima ABRI tahun 80-an, Jenderal TNI M Jusuf. Baginya, Jusuf memberikan filosofi mendalam seperti semangat membangun kesejahteraan prajurit dan merupakan sosok pimpinan yang memegang teguh kejujuran.

9. Makanan Favorit

Selama di Jakarta, Marsekal Hadi Tjahjanto kerap rindu Malang. Selain suasananya, kuliner mendol dan botok sembukan di sana juga jadi alasannya.

Botok sendiri adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari ampas kelapa setelah diambil santannya. Sedangkan botok sembukan adalah botok berisi daun sembukan yang baunya seperti kentut. Bagi Hadi, rujak cingur ditambah remahan mendol tempe adalah makanan favorit yang selalu dicarinya saat mudik ke kampung halaman.

Itulah sembilan fakta menarik Marsekal Hadi Tjahjanto, mantan Panglima TNI yang kini telah menjabat sebagai menteri.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)