Pelaut Indonesia Nyoblos Duluan di Pelabuhan Cape Town Afrika

Selasa, 06 Februari 2024 - 09:11 WIB
loading...
A A A
Rekapitulasi seluruh surat suara di Cape Town dan sekitarnya baik surat suara TPS, Pos maupun KSK akan dilakukan pada 15 Februari 2024.

Pelaksanaan pemungutan surat suara berjalan aman dan lancar. ABK mengaku bahagia karena dapat menggunakan hak suaranya walaupun di luar negeri dan dilakukan tepat sebelum mereka berlayar kembali ke laut lepas untuk bekerja.

Namun, masih terdapat puluhan ABK yang baru tiba dari Tanah Air dan belum sempat mengurus surat pindah memilih.

Panitia menyampaikan bahwa sesuai ketentuan masih terdapat kesempatan bagi mereka untuk memilih jika berada di Cape Town pada 10 Februari 2024 dengan membawa surat pindah memilih dari dalam negeri ke Cape Town.

Hari tersebut merupakan saat pencoblosan surat suara melalui TPS yang dilakukan di KJRI Cape Town. ABK yang sudah terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam negeri diproses surat pindah memilihnya ke DPT luar negeri yaitu TPS 001 Cape Town sehingga datanya akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Cape Town dan diberikan jadwal mencoblos 2 jam sebelum TPS ditutup.

Walaupun sederhana, pemungutan suara oleh ABK berlangsung hikmat dan tertib. Panwaslu Cape Town juga turut menyaksikan seluruh prosesi pesta demokrasi yang dilaksanakan bagi ABK Indonesia di Pelabuhan Cape Town, bumi Nelson Mandela.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)