BNPT Minta Kemenag Tindak Lanjuti Info 40 Masjid Terpapar Radikalisme

Kamis, 07 Juni 2018 - 16:46 WIB
BNPT Minta Kemenag Tindak Lanjuti Info 40 Masjid Terpapar Radikalisme
BNPT Minta Kemenag Tindak Lanjuti Info 40 Masjid Terpapar Radikalisme
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius meminta Kementerian Agama (Kemenag) menindaklanjuti informasi adanya 40 masjid di Jakarta yang terpapar paham radikalisme. Dia mengaku sudah mengetahui informasi itu dari sebuah penelitian tahun 2012.

Adapun informasi mengenai 40 masjid itu diungkapkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno beberapa hari lalu. "Nantikan Kementerian Agama kita minta atensi, itu kan di bawah Kemenag. Nanti kita minta kembali itu, kita minta perannya melihat kembali siapa di situ dan sebagainya," ujar Suhardi Alius di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Kendati demikian, dia mengakui bahwa pihaknya akan mengecek informasi lebih detail, termasuk pengakuan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan bahwa ada sejumlah masjid dan pondok pesantren (Ponpes) yang terindikasi terpapar paham radikalisme. "Nanti kita cek," ucapnya.

Di samping itu, dia mengakui BNPT melibatkan Kemenag dalam program deradikalisasi. "Makanya Kemenag itu adalah salah satu unsur yang kita kerjasamakan," imbuhnya.

Karena, diakuinya bahwa Kemenag memiliki peran penting. "Paling tidak harus menjadi ujung tombak. Nah kami mengkoordinasikan itu semua," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5877 seconds (0.1#10.140)