Pengamat Sebut Dukungan Erick Thohir dan Khofifah Perkuat Paslon 02

Senin, 22 Januari 2024 - 22:33 WIB
loading...
Pengamat Sebut Dukungan Erick Thohir dan Khofifah Perkuat Paslon 02
Dukungan Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa memperkuat pasangan calon Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Dukungan Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa dinilai semakin menguatkan pasangan calon (paslon) Prabowo-Gibran. Hal ini dikarenakan Erick merupakan salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Maju yang juga pekerja keras bertangan dingin.

"Kementerian BUMN dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengalami perkembangan sangat positif di tangan Erick Thohir. Karena itu dukungan Erick terhadap Prabowo berdampak positif bagi pemenangan di gelaran pemilihan presiden 2024," ujar peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Selain itu, Erick dikenal sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju yang paling diandalkan dan memiliki kepercayaan tinggi di mata Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karenanya, lanjut Bawono, mustahil mengimajinasikan Erick berada pada kubu berbeda dengan Prabowo-Gibran yang notabene adalah pasangan calon paling merepresentasikan kepentingan dari Jokowi bagi keberlanjutan pembangunan lima tahun mendatang.



"Menempatkan Erick sebagai menteri koordinator bidang maritim selama LBP menjalani pemulihan kesehatan menunjukkan kepercayaan tinggi Presiden Jokowi terhadap Erick," ucapnya.

Termasuk keputusan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang bergabung dengan tim pemenangan Prabowo-Gibran yang juga penting bagi pasangan calon nomor urut 2 tersebut.



Sebab, petahana memiliki tingkat approval rating tinggi, dia menilai langkah politik Khofifah tersebut tentu saja sangat berpotensi mendatangkan insentif elektoral bagi Prabowo-Gibran di Jawa Timur di pemilu mendatang. "Apalagi hasil survei menujukkan pasangan calon ini unggul cukup jauh dibandingkan dua pasangan calon lain di Jawa Timur," sambung Bawono.

Bawono melanjutkan, temuan survei terbaru Lembaga Survei Indonesia di Jawa Timur menunjukkan elektabilitas dari pasangan calon Prabowo - Gibran unggul jauh dari dua pasangan calon lain dengan angka 46,7 persen.

Data LSI periode 16 - 28 Desember 2023 ini diperoleh temuan jarak elektabilitas pasangan nomor urut 2, unggul 20,1% dari pasangan nomor urut 3 dan unggul 30,5% dari pasangan calon nomor urut satu.

"Hal ini menunjukkan elektabilitas Prabowo di Jatim semakin kompetitif. Sangat jauh berbeda dengan kondisi Pemilu 2014 dan 2019. Unggul dengan jarak elektabilitas jauh di Jatim memiliki arti penting bagi Prabowo untuk dapat menggaransi kemenangan mutlak di Jawa dan juga di tingkat nasional di Pemilu 2024," tutupnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)