BRG Targetkan Pulihkan Dua Juta Lahan Gambut di Tujuh Provinsi

Minggu, 29 April 2018 - 06:21 WIB
BRG Targetkan Pulihkan Dua Juta Lahan Gambut di Tujuh Provinsi
BRG Targetkan Pulihkan Dua Juta Lahan Gambut di Tujuh Provinsi
A A A
BANJAR - Badan Restorasi Gambut (BRG) mengadakan Jambore Masyarakat Gambut 2018 di Kiram Park, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dibuka sejak Sabtu (28/4/2018) akan berlangsung hingga besok.

Kepala BRG Nazir Foead, mengatakan, kegiatan restorasi gambut ini bertujuan untuk memberikan solusi pada masalah perlindungan dan pengelolaan lahan gambut di Indonesia. Pengelolaan lahan yang tidak bijaksana selama ini telah menyebabkan jutaan hektare gambut mengalami kerusakan.

Hampir setiap kemarau panjang daerah-daerah di Indonesia yang memiliki kawasan hutan rawa gambut mengalami kebakaran hutan dan bencana asap. Kondisi inilah yang mendorong Presiden Joko Widodo membentuk BRG melalui Peraturan Presiden Nomor 1/2016.

Lembaga negara yang berada di bawah naungan langsung Presiden itu diberi tugas untuk mempercepat pemulihan dan pengembalian fungsi hidrologis jutaan hektara lahan gambut yang rusak akibat kebakaran dan pengeringan.

"BRG dimandatkan untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi dua juta hektare lahan gambut di tujuh provinsi prioritas, yakni Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Riau, Sumatera Selatan dan Papua hingga tahun 2020," tuturnya di lokasi jambore.

Nazir menegaskan bahwa BRG akan terus hadir di tengah masyarakat untuk memberi pemahaman akan pentingnya pengelolaan lahan gambut. “Pengelolaan lahan tanpa bakar dan pemberdayaan kelompok masyarakat untuk kegiatan padat karya pembangunan sekat kanal dan sumur bor adalah bukti bahwa BRG selalu berada pada kepentingan rakyat," tandasnya.

Diketahui, Jambore Masyarakat Gambut merupakan forum pertukaran pengetahuan dan penguatan jejaring bagi para petani gambut dan masyarakat umum. Sebanyak 265 desa dan kelurahan yang tergabung dalam desa peduli gambut dan desa/kelurahan lain yang ada di dalam ekosistem gambut di tujuh provinsi, yaitu Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Riau.

Jambore Masyarakat Gambut pertama kali diadakan pada 2016 di Jambi. Jambore kali ini menawarkan kegiatan yang lebih lengkap. Peserta dapat mengikuti kelas pelatihan singkat mengenai lima tema. (Baca juga: Ribuan Orang Ramaikan Pembukaan Jambore Masyarakat Gambut 2018)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6108 seconds (0.1#10.140)