Dua Siswi Lulusan SMK Curhat Sulit Dapat Kerja, Ganjar Imbau Ikut Pelatihan UKM

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:21 WIB
loading...
A A A
"Tapi kita gak ada modal," jawab remaja perempuan tersebut.

"Enggak ada modal, kamu sekolah enggak? Apa sekolahnya? Lulus? Itu modalmu," kata Ganjar Pranowo.

"Lulus, vokasi (SMK), cuman itu tapi kita enggak ada uang Pak," kata remaja perempuan tersebut dengan nada merajuk.

"Saya lulus sama, saya dari keluarga tidak mampu, saya lulus SMA, saya melamar kerja kemana-mana juga pernah ditolak. Apakah saya hanya diam dan menyalahkan orang lain? Tidak, saya bekerja," kata Ganjar.

Ganjar kemudian bertanya kepada warga apakah sudah melihat dirinya melihat kos-kosan di Jakarta.

"Saya enggak tahu kemarin sudah diupload belum saya melihat kos-kosan saya. Pas saya nengok kosan saya, diparani Panwas. Pak Ganjar kegiatannya apa ini (tanya Panwas). Lah wong saya nengok kos-kosan saya. Saya tunjukkan waktu itu, ini kosan saya yang sangat jelek. Saya punya modal uang? Tidak,” ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini kemudian menceritakan bagaimana dirinya berjuang.

Modal saya apa? Ilmu yang saya miliki. Lalu saya bekerjanya apa? Anda tidak percaya. Saya bekerja di kantor konsultan tapi dibuka pertama AC kantor itu masang sendiri, jadi buruh di situ. Bayangkan saat orang saat itu dibayar Rp1,5 juta saya dibayar Rp300.000. Kos-kosan saya itu dari triplek. Kebetulan kalau makan saya utang di warung sebelah, kebetulan warung itu yang punya orang Purbalingga, sekarang sudah seperti saudara," ucap Ganjar.

"Apakah saya berhenti berusaha? Tidak mba. Saya bekerja lagi, berusaha lagi, ke sana gagal, bangkit lagi, ke sini gagal bangkit lagi. Dan hari ini ke sini sudah menjadi capres. Saya hanya mau kasih wejangan saja, kita harus bekerja. Saya sarankan mumpung masih muda, sudah main ke Hetero Space belum? Belum? Gak pernah main? Sempurna penganggurannya. Ya anak muda mbok diajarin. Satu kampung? Kumpulkan yang nganggur-nganggur main ke sana," tambah Ganjar.

"Tadi saya habis ketemu sama anak-anak muda di sana, mereka yang tidak punya modal uang tapi punya modal ilmu bisa bertemu dengan orang yang dapat mengajari mereka berusaha. Ya gak apa-apa, kan makanya kita harus belajar. Kan kita berada dua pilihan kita mau mencoba atau kita hanya diam. Kalau mau jualan ya di tempat kira-kira laku. Kalau gak mau jualan di sana karena jauh, ya sudah kembali ke sini semakin sempurna pengangguran mu. Kalau mau," jawab Ganjar lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)